Senin 08 May 2023 14:26 WIB

Warga Kota Tangerang Bisa Ikuti Pelatihan Keterampilan Gratis di BLK

BLK Kota Tangerang menyiapkan sejumlah program pelatihan keterampilan kerja.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Irfan Fitrat
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Ujang Hendra.
Foto: Dok Pemkot Tangerang
Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Kota Tangerang Ujang Hendra.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, Banten, melalui Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker), menyediakan program pelatihan keterampilan kerja yang bisa dimanfaatkan secara gratis. Program pelatihan keterampilan ini tersedia di Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Tangerang.

Kepala Disnaker Kota Tangerang Ujang Hendra mengatakan, program pelatihan keterampilan di BLK itu ditujukan bagi warga dengan e-KTP Kota Tangerang. “Program ini dapat dimanfaatkan masyarakat yang berusia produktif untuk meningkatkan keterampilan,” kata dia, Senin (8/5/2023).

Menurut Ujang, program pelatihan keterampilan tersebut merupakan salah satu upaya pemkot untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang produktif dan kreatif. Dengan bekal keterampilan ini diharapkan para pencari kerja lebih siap masuk ke dunia kerja, sehingga diharapkan juga dapat menekan angka pengangguran.

BLK Kota Tangerang ada di tiga lokasi, yaitu di Kecamatan Benda, Kecamatan Cibodas, dan di Kecamatan Larangan. Ada sejumlah program pelatihan keterampilan yang disiapkan, antara lain menjahit, teknik pendingin atau teknik AC, perhotelan, tata boga, dan operator komputer.

Selain itu, pelatihan keterampilan instalasi listrik, desain grafis dan percetakan digital, serta teknik kendaraan atau servis motor. 

Ujang mengatakan, para peserta pelatihan yang dinyatakan lulus nantinya mendapatkan sertifikat dari BLK, serta sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). “Sehingga kemampuan keahlian yang mereka tekuni selama di BLK benar-benar diakui secara standarnya melalui sertifikat itu dan inilah yang dapat dijual ke perusahaan untuk proses melamar kerja,” ujar Ujang.

Warga Kota Tangerang yang tertarik mengikuti kegiatan pelatihan keterampilan di BLK ini bisa mendaftarkan diri melalui aplikasi Tangerang LIVE pada menu Tangerang Cakap Kerja. Informasi soal program pelatihan ini dapat dilihat di akun media sosial Instagram @blk_kotatangerang.

Ujang mengatakan, kuota peserta program pelatihan kerja di BLK ini terbatas. “Ayo ikuti pelatihan gratis BLK Kota Tangerang. Manfaatkan kemudahan yang diberikan untuk maju dan aktif meningkatkan keterampilan dan dapat terjun ke dunia kerja,” ujar Ujang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement