Kamis 04 May 2023 05:35 WIB

Beredar Foto Said Iqbal Cium Tangan Ganjar Pranowo

Warganet menilai hal itu tidak perlu dan tak pantas dilakukan Ketua Partai Buruh.

Rep: Fergi Nadira / Red: Agus Yulianto
Said Iqbal cium tangan Ganjar Pranowo.
Foto: Tangkapan Layar Twitter
Said Iqbal cium tangan Ganjar Pranowo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA --  Lini masa Twitter tengah diramaikan foto dan video yang beredar momen Ketua Umum Partai Buruh Said Iqbal bersalaman hingga membungkukkan kepala kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Video dan foto diambil ketika ratusan buruh bersama presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani dan Said Iqbal bersilaturahmi ke kediaman perwakilan Provinsi Jawa Tengah di Jakarta pada Senin (1/5/2023) lalu.

Dalam video terlihat sekelompok orang berada di dalam sebuah ruangan termasuk Ganjar. Mereka hendak duduk dan memulai bersalaman.

Andi Gani memulai salamnya kepada Ganjar, yang nampak hanya salaman biasa. Namun ketika sampai gilirannya, Said Iqbal terlihat membungkuk 90 drajat sambil salam ke Ganjar dengan menundukkan kepala hingga tangan Ganjar menyentuh kepala/jidatnya.

Momen itu terlihat seperti Said Iqbal mencium tangan Ganjar dan sangat menghormatinya. Namun menurut warganet hal itu tidak perlu dan tidak pantas dilakukan oleh seorang Ketua Umum yang mewakili Partai Buruh.

"Said Iqbal harus malu, fotonya mencium tangan Ganjar bukti kuat 'ketaatan' pada kekuasaan," kata warganet bernama Helmi Felis melalui akun Twitter @HelmiFelis_ seperti dikutip Republika pada Rabu (3/5/2023).

"Hal itu tidak sejalan dengan idealisme Buruh.

Dalam dunia politik, buruh adalah 'darah biru' organisasinya mendunia sejak 1919. Jangan manfaatkan buruh untuk kepentingan pribadi," lanjut dia menambahkan.

Warganet lain menimpali komentar tersebut yang dinilai tidak pantas. Sebab secara usia, Said Iqbal lebih tua daripada Ganjar.

"Pendidikan sama-sama S2, kelahiran sama-sama 1968, malah tuaan Said Iqbal beberapa bulan. Benar-benar jiwa penjilat ini si Said," kata akun @Boediantar4.

Mohamad Guntur Romli di akun Twitternya juga mengungkapkan momen yang sama, namun tidak terdapat adegan bersalaman. Dia hanya menyisipkan video awal kedatangan ratusan buruh serta momen mereka berkumpul di sebuah ruangan.

Adapun tujuan KSPSI bertandang ke kediaman Kantor Perwakilan Provinsi Jawa Tengah, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan adalah untuk mendukung Ganjar sepenuhnya maju sebagai calon presiden (capres) yang diusung oleh PDIP. "Pertemuan kami semakin menguatkan kami sebagai konfederasi buruh terbesar di Indonesia untuk mendukung penuh secara all out mas Ganjar maju sebagai calon Presiden RI," kata Ahmad Gani.

Dia mengatakan, pihaknya bersama Ganjar membahas banyak hal mulai dari masalah buruh, masalah regulasi, dan memiliki kesamaan terhadap misi Ganjar. "Jadi kami pastikan, kami yakinkan KSPSI sebagai konfederasi buruh dengan 10 federasinya kami mendukung all out Pak Ganjar maju sebagai calon presiden RI," kata dia.

Sementara Said Iqbal sendiri belum mengungkap capres dari Rakernas 2023 partainya. ""Partai Buruh belum resmi mengumumkan siapa calon presidennya. Partai Buruh hanya menjelaskan ada tiga tahapan di Partai Buruh untuk mendukung calon presiden," kata Said Iqbal di Jakarta Pusat, Senin (1/5/2023).

 

 

 

sumber:

https://twitter.com/HelmiFelis_/status/1653596662236057600?s=20

https://twitter.com/eddy_widodo_165/status/1653651972531294208?s=20

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement