Selasa 25 Apr 2023 19:10 WIB

Empat Cara Mudah-Murah untuk Putihkan Kaus Kaki Dekil

Kaus kaki putih bisa berubah warna jika tidak dibersihkan dengan benar.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Seorang murid meletakkan sepatu sebelum memasuki ruang kelas. Kaus kaki putih dapat berubah warna jika tidak dibersihkan dengan benar.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Seorang murid meletakkan sepatu sebelum memasuki ruang kelas. Kaus kaki putih dapat berubah warna jika tidak dibersihkan dengan benar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kaus kaki putih cerah adalah tampilan yang klasik. Hanya saja, baik kaus kaki yang terbuat dari 100 persen katun atau campuran serat, pada akhirnya akan dekil.

Warnanya berubah menjadi abu-abu atau hitam. Sementara itu, bagian bawahnya menjadi kotor, kecuali jika dibersihkan dengan benar.

Baca Juga

Seorang pakar penatu asal Inggris, Sarah Dempsey, membagikan beberapa metode terbaik untuk memutihkan dan menghilangkan noda pada kaus kaki putih. Berikut penjelasannya, seperti dilansir dari Express, Selasa (25/4/2023).

1. Soda kue

Pilihan pertama yang bisa digunakan adalah bahan favorit rumah tangga, yakni soda kue. Dempsey mengeklaim bahwa soda kue dapat menghilangkan noda membandel dan membantu membuat kaus kaki putih terlihat sangat putih hanya dalam satu kali pencucian.

Untuk memutihkan kaus kaki putih dengan soda kue, cukup rendam kaus kaki dalam ember, wastafel, atau bak mandi yang berisi air hangat yang telah dicampur soda kue. Biarkan kaus kaki di dalam campuran soda kue selama beberapa jam sebelum mencucinya seperti biasa di mesin cuci.

Perlu diperhatikan bahwa soda kue dapat membuat kain jadi keras. Tambahkan secangkir cuka putih agar kaus kaki tetap lembut saat dibilas.

2. Cuka

Menurut Dempsey, asam asetat dalam cuka adalah zat kuat yang dapat mengurangi kotoran lengket dan memecah noda dari kain apa pun, termasuk kaus kaki. Untuk membersihkan kaus kaki putih dengan cuka, cukup panaskan satu liter air dan tambahkan satu sendok teh cuka putih ke dalam air.

Diamkan kaus kaki dalam campuran ini selama sekitar 30 menit. Kemudian, cuci kaus kaki seperti biasa di mesin cuci dan kaus kaki  akan terlihat putih bersih tanpa bau yang tertinggal.

3. Cairan pencuci piring

Sabun cuci piring cair tidak hanya bagus untuk mencuci piring, tapi juga untuk membersihkan kaus kaki yang kotor. Dempsey merekomendasikan untuk mengisi ember, wastafel, atau bak mandi dengan air hangat dan mencampurkan sabun cuci piring cair ke dalam air.

"Biarkan kaus kaki terendam dalam campuran ini semalaman. Di pagi hari, masukkan kaus kaki ke dalam mesin cuci dan cuci seperti biasa," jelas Dempsey.

Karena cairan pembersih tidak mengandung bahan pelembut, tambahkan secangkir cuka putih agar kaus kaki tidak mengeras.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement