Kamis 13 Apr 2023 11:49 WIB

Jokowi Apresiasi Pembangunan Hunian untuk Milenial

Jokowi meminta jajarannya membangun hunian untuk milenial di berbagai kota besar

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Gita Amanda
Menteri BUMN Erick Thohir saat mendampingi Presiden Joko Widodo  (Jokowi) meresmikan hunian milenial untuk Indonesia di Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023).
Foto: dok Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir saat mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan hunian milenial untuk Indonesia di Samesta Mahata Margonda, Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri BUMN Erick Thohir meresmikan Rusun Samesta Mahata Margonda, di Depok, Jawa Barat, Kamis (13/4/2023). Dalam sambutannya, Jokowi mengapresiasi pembangunan hunian yang diperuntukan bagi para milenial untuk mengurangi kemacetan di kota-kota besar.

"Saya sangat menghargai ide besar dan dilaksanakan bukan hanya ide saja tapi dilaksanakan di lapangan. Pembangunan utamanya di kota-kota yang sudah macet, di semua titik. Dan hari ini kita lihat ini gagasan Menteri Erick Thohir terus kita apresiasi," kata Jokowi saat peresmian.

Baca Juga

Usai meninjau Rusun Samesta Mahata, Jokowi menilai bangunan dan fasilitas pendukung yang dibangun di rusun ini sangat baik. Apalagi, hunian ini juga terintegrasi dengan stasiun kereta commuter line. Sehingga Jokowi berharap, masyarakat tidak tergantung dengan kendaraan pribadi yang justru meningkatkan kemacetan, utamanya di Jabodetabek.

"Yang kalau mereka beli bonusnya dapat kereta api. Bangun tidur mandi langsung lompat sudah masuk ke KRL. Ke mana-mana pun bisa, sehingga kita semuanya tidak tergantung dengan kendaraan pribadi dengan mobil yang memacetkan utamanya di Jabodetabek," jelas Jokowi.

Ia pun meminta jajarannya agar juga membangun hunian untuk milenial ini di berbagai kota besar lainnya, sehingga bisa mengurangi kemacetan yang terjadi. Jokowi menilai, harga hunian bagi milenial ini juga masih terjangkau, yakni sekitar Rp 200 juta untuk hunian subsidi dan sekitar Rp 300-Rp 500 juta untuk hunian tanpa subsidi.

"Cicilannya juga murah. Sehingga sangat pas sekali untuk hunian anak-anak muda, hunian milenial. Akan kita kembangkan di semua kota utamanya lahan-lahan PT KAI yang tidak termanfaatkan dengan baik nanti kerja sama dengan PT Perumnas, Kementerian PU harus kita bangun sebanyak-banyaknya hunian sebanyak ini," kata Jokowi.

Jokowi juga mengatakan, lokasi Rusun Samesta Mahata Margonda ini juga dinilai sangat strategis. Karena tak jauh dari fasilitas kesehatan, pendidikan, dan juga hiburan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement