Rabu 05 Apr 2023 06:24 WIB

Polres Tasikmalaya Kota Antisipasi Pengemudi Nyasar di Jalur Tikus

Menjelang arus mudik, Polres Tasikmalaya Kota akan menambah papan penunjuk jalan.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Polres Tasikmalaya Kota, Jawa Barat.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Polres Tasikmalaya Kota, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Polres Tasikmalaya Kota, Jawa Barat, melakukan berbagai persiapan menghadapi arus mudik Lebaran 2023. Jalur yang biasa dilalui kendaraan pemudik sudah diperiksa.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota AKP Tejo Reno Indratno mengatakan, arus mudik kali ini diperkirakan meningkat dibandingkan tahun lalu. Pasalnya, pandemi Covid-19 sudah melandai.

Baca Juga

“Antusiasmenya pasti tinggi tahun ini, apalagi Tasik ini salah satu perlintasan dan daerah tujuan,” kata Tejo kepada Republika, Selasa (4/4/2023).

Menjelang arus mudik, Tejo mengatakan, salah satu yang menjadi perhatian adalah papan penunjuk jalan maupun marka. Diharapkan papan penunjuk jalan ini memudahkan pemudik.

Menurut Tejo, hal itu juga mengantisipasi pemudik yang menggunakan aplikasi navigasi, tapi tidak memperhatikan penunjuk jalan. “Ketika kondisi macet, nanti biasanya akan diarahkan ke jalur-jalur tikus. Supaya tidak nyasar, akan kita perbanyak penunjuk arah,” ujar dia.

Tejo mengatakan, Polres Tasikmalaya Kota menyiapkan langkah mengantisipasi kemacetan, serta membuat sejumlah skema rekayasa lalu lintas. Selain itu, kata dia, memastikan kesiapan sarana prasarana penunjang.

Soal kondisi jalan yang biasa dilintasi pemudik, menurut Tejo, relatif baik. Begitu juga sarana penunjang berupa penerangan jalan.

Namun, kata dia, ada beberapa titik yang menjadi perhatian, yaitu di sekitar perlintasan kereta. “Tinggal yang kita kejar adalah perlintasan kereta api karena ada beberapa titik yang jalannya kurang bagus. Itu akan dibaguskan,” kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement