Senin 27 Mar 2023 14:04 WIB

Tubuh Manusia Punya Fakta Menakjubkan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Apakah Anda tahu bahwa tubuh lebih tinggi pada pagi hari dibandingkan malam hari?

Rep: Desy Susilawati/ Red: Qommarria Rostanti
Tubuh manusia (llustrasi). Setidaknya ada 10 fakta menakjubkan tentang tubuh manusia.
Foto: www.freepik.com
Tubuh manusia (llustrasi). Setidaknya ada 10 fakta menakjubkan tentang tubuh manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tubuh manusia menyimpan banyak fakta menakjubkan. Apa saja itu?

1. Anda akan memiliki kerangka baru dalam 10 tahun

Baca Juga

Dilansir laman Best Life pada akhir pekan lalu, sel-sel sistem kerangka Anda terus beregenerasi. Rata-rata, tulang yang Anda miliki sekarang akan beregenerasi sepenuhnya dalam waktu sekitar satu dekade. Ini mulai melambat seiring bertambahnya usia, namun dengan regenerasi yang lebih lama, menyebabkan tulang menjadi lebih tipis secara alami.

2. Tubuh Anda lebih tinggi pada pagi hari dibandingkan malam hari

Ketika bangun pada pagi hari, tubuh Anda sebenarnya sedikit lebih tinggi dibandingkan saat pergi tidur. Ini karena tekanan pada persendian sepanjang hari.

Saat Anda melakukan aktivitas, tekanan ini menyebabkan tulang rawan di tulang belakangtertekan, hanya sepersekian inci, tetapi cukup untuk mendorong semuanya ke bawah. Saat rileks menjelang tidur, ini mengurangi tekanan pada cakram tulang belakang sehingga memungkinkan Anda untuk kembali setinggi mungkin.

3. Anda memiliki lebih dari 96 kilometer pembuluh darah

Jika ditata dalam garis lurus, seluruh jaringan akan membentang lebih dari 96 kilometer. Itu termasuk semua arteri, kapiler, dan vena, ujung ke ujung.

4. Perut Anda keroncongan karena penuh udara panas

Pernah bertanya-tanya mengapa perut keroncongan saat lapar? Itu semua berputar kembali ke sistem pencernaan, lebih tepatnya usus. Pada sistem pencernaan terjadi serangkaian kontraksi untuk membantu memindahkan makanan dan cairan saat makan.

Setelah semua makanan dicerna, usus terus mengalirkan udara melalui saluran pencernaan. Itulah yang menyebabkan "borborygmus", nama ilmiah yang diberikan untuk gemuruh kecil itu.

5. Tulang Anda lebih kuat dari baja

Tulang adalah zat yang sangat keras. Begitu kuatnya, sehingga, tulang kita lebih kuat dari baja.Tulang memiliki toleransi tekanan dan kekuatan bantalan yang lebih besar daripada batang baja dengan lebar yang sama. Tulang terkuat dalam tubuh adalah tulang paha, yang dapat menopang 30 kali berat badan rata-rata orang.

6. Kaki Anda mengandung seperempat tulang Anda

Kaki manusia mengandung 52 tulang (26 untuk setiap kaki). Itu hampir seperempat dari semua tulang di seluruh tubuh Anda. Masing-masing juga berisi 33 sendi dan lebih dari 100 otot, tendon, dan ligamen.

7. Tulang terkecil di tubuh ada di telinga Anda

Tidak ada tulang bernama di tubuh Anda yang lebih kecil (atau lebih ringan) daripada stapes (tulang di telinga tengah yang sebenarnya berbentuk seperti sanggurdi). Lengkap dengan alas dan jendela oval, yang ditutup dengan membran yang mengukur getaran suara.

8. Anda kehilangan hampir sepertiga dari tulang seiring bertambahnya usia

Menurut para dokter di Cleveland Clinic, Anda dilahirkan dengan sekitar 300 tulang. Namun saat tumbuh, beberapa bergabung bersama saat tulang rawan mengeras, akhirnya meninggalkan Anda dengan 206 tulang pada saat Anda berhenti tumbuh.

9. Tidak ada otot di jari

Setiap gerakan yang terjadi pada jari-jari Anda disebabkan oleh tendon dan tulang, dengan banyak bantuan dari otot-otot di telapak tangan Anda dan di dasar setiap jari.

10. Separuh kekuatan tangan ada di kelingking Anda

Kelingking tampak sederhana, tetapi penting untuk kekuatan tangan Anda, membantu ibu jari untuk mencubit dan memberi lebih banyak kekuatan pada jari manis, tengah dan telunjuk. Laurie Rogers, terapis tangan di Rumah Sakit Rehabilitasi Nasional di Washington, mengatakan, jika kehilangan kelingking, Anda akan kehilangan 50 persen kekuatan tangan dengan mudah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement