Ahad 26 Mar 2023 12:58 WIB

Maroko Bungkam Brasil dalam Laga Persahabatan

Maroko meraih kemenangan pertama dari tiga pertemuan melawan Brasil.

Rep: Reja Irfa WIdodo/ Red: Israr Itah
Pelatih, staf pelatih, ofisial, dan para pemain Maroko berselebrasi merayakan kemenangan atas Brasil pada laga persahabatan di Tangier, Maroko, Ahad (26/3/2023) dini hari WIB.
Foto: EPA-EFE/Jalal Morchidi
Pelatih, staf pelatih, ofisial, dan para pemain Maroko berselebrasi merayakan kemenangan atas Brasil pada laga persahabatan di Tangier, Maroko, Ahad (26/3/2023) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGIER -- Brasil harus mengakui keunggulan Maroko dalam laga persahabatan, yang digelar di Stadion Ibn Batouta, Tangier, Ahad (26/3/2023) pagi WIB. Selecao menyerah 1-2 via gol yang masing-masing dicetak Sofiane Boufal dan Abdelhamid Sabiri. Satu-satung gol balasan Brasil di laga itu dibukukan Casemiro.

Ini merupakan kemenangan pertama Maroko atas Brasil dari tiga pertemuan. Bentrok terakhir kedua tim sebelumnya terjadi pada 25 tahun lalu.

Baca Juga

Maroko mengawali laga dengan begitu baik. Ujungnya, laga baru berjalan 29 menit, tim besutan Walid Regragui itu berhasil unggul via gol Boufal. Penyerang berusia 29 tahun itu berhasil merebut bola dari kendali bola di wilayah pertahanan Brasil.

Setelah melakukan kombinasi operan dengan Bilal El Khanouss, Boufal melepaskan sepakan terarah tanpa bisa dihalau penjaga gawang Brasil, Weverton. Maroko pun berhasil mempertahankan keunggulan ini hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Tim Singa Atlas kembali menunjukan permainan agresif dan terus menekan pertahanan Brasil. Namun, Selecao justru mampu mencetak gol penyeimbang kedudukan. Sebuah sepakan dari luar kotak penalti yang dilepaskan Casemiro malah gagal ditangkap dengan sempurna oleh Yassine Bonou. 

Kondisi ini hanya bertahan selama 12 menit. Maroko kembali unggul via gol Abdehamid Sabiri pada menit ke-79. Sabiri melepaskan tendangan setengah voli dari tepi kotak penalti. Bola sempat mengenai mistar gawang bagian dalam sebelum akhirnya mengarah masuk.

Kemenangan atas Brasil ini dinilai menjadi kejutan teranyar Maroko usai mampu mengakhiri gelaran Piala Dunia 2022 di babak semifinal. Tidak hanya itu, tim Afrika pertama yang mampu melaju hingga empat besar Piala Dunia itu pun kembali ke jalur kemenangan setelah menelan kekalahan di dua laga terakhir.

Di sisi lain, Brasil menelan kekalahan pertama di laga debut Ramon Menezes sebagai pelatih interim Selecao. Pelatih berusia 50 tahun itu ditunjuk menggantikan Tite, yang mengundurkan diri pasca gelaran Piala Dunia 2022, akhir tahun lalu.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement