Kamis 09 Mar 2023 20:01 WIB

Arab Saudi Kucurkan Rp 12 Triliun Biayai Proyek di Negara Termiskin

Tujuan program tersebut ialah memberantas kemiskinan ekstrem.

Rep: Umar Mukhtar/ Red: Ani Nursalikah
Arab Saudi Kucurkan Rp 12 Triliun Biayai Proyek di Negara Termiskin
Foto: Saudi Gazette
Arab Saudi Kucurkan Rp 12 Triliun Biayai Proyek di Negara Termiskin

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi akan mengalokasikan dana sebesar 800 juta dolar AS atau sekitar Rp 12 triliun untuk membiayai proyek di negara-negara termiskin di dunia dalam bentuk pinjaman. Hal ini disampaikan Menteri Ekonomi dan Perencanaan Faisal Al Ibrahim pada Konferensi PBB kelima tentang Negara-Negara Terbelakang di Doha, Rabu (8/3/2023) waktu setempat.

"Terlepas dari kemajuan pembangunan dan sosial yang dicapai selama 50 tahun terakhir, tantangan mendasar yang dihadapi negara-negara kurang berkembang menjadi lebih kompleks dan mendesak, terutama mengingat meningkatnya kerentanan mereka setelah pandemi Covid-19," kata Al Ibrahim, dikutip dari The National News, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga

Dia mengatakan, melalui Visi Saudi 2030, kerajaan memiliki proyek dan inisiatif yang berkontribusi untuk mencapai kemakmuran ekonomi, kesejahteraan sosial, dan perlindungan lingkungan untuk semua, sejalan dengan Agenda Pembangunan Berkelanjutan.

Saudi tidak akan menyia-nyiakan upaya bekerja dengan mitra internasional demi kepentingan umat manusia. Saudi juga menanti langkah lanjut dalam melaksanakan Program Kerja Doha, yang telah disepakati pada pekan ini, dalam rangka untuk membangun ketahanan terhadap guncangan di masa depan.

Tujuan lain program tersebut ialah memberantas kemiskinan ekstrem, memperkuat pasar tenaga kerja, dan meningkatkan prospek di negara-negara termiskin di dunia selama delapan tahun ke depan.

Delegasi dari Pusat Bantuan dan Bantuan Kemanusiaan Raja Salman (KSrelief) ikut serta dalam diskusi di konferensi tersebut. Delegasi dipimpin oleh asisten pengawas umum KSrelief untuk perencanaan dan pengembangan Dr Aqeel Al Ghamdi, yang berpartisipasi dalam diskusi meja bundar dengan tema 'Berinvestasi pada orang-orang di negara-negara terbelakang untuk tidak meninggalkan siapa pun'.

KSrelief menyelenggarakan acara tentang kemitraan global dalam bantuan asing di sela-sela konferensi, dengan Dana Saudi untuk Pembangunan, dan juga Program Pembangunan dan Rekonstruksi Saudi untuk Yaman. Temanya adalah pemulihan berkelanjutan dari pandemi dan membangun ketahanan negara kurang berkembang terhadap guncangan di masa depan.

Al Ghamdi mempresentasikan pengarahan tentang bantuan kemanusiaan yang diberikan oleh Arab Saudi ke Yaman, tanggapannya terhadap Covid-19 dan dukungan untuk upaya internasional untuk mengurangi dampak pandemi. Dia juga menyoroti pemberian bantuan kerajaan kepada negara-negara dengan sistem kesehatan yang rentan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement