Senin 06 Mar 2023 14:15 WIB

Dewa United Sambut Positif Wacana Perubahan Format Liga 1

Randy menilai penambahan kuota pemain asing akan menambah nilai kompetisi Liga 1.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Endro Yuwanto
Logo kompetisi Liga 1 Indonesia.
Foto: Sepak Pojok
Logo kompetisi Liga 1 Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Manajer Dewa United FC Randy Julio menyambut positif wacana perubahan format Liga 1 musim 2023/2024. Wacana untuk mengubah format Liga 1 itu merupakan hasil dari sarasehan sepak bola nasional yang diinisiasi oleh PSSI untuk mendengarkan masukan dari klub Liga 1 dan Liga 2 yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (4/3/2023).

Salah satu wacana yang paling mencolok adalah mengubah format Liga 1 dengan menggunakan sistem full kompetisi. Namun perbedaannya, dari hasil kompetisi tersebut, empat tim teratas akan diadu kembali untuk menentukan juaranya. Selain itu, ada usulan untuk menambah kuota pemain asing yang semula 4+1 (3 non Asia dan 1 Asia), menjadi 5+1 (4 non Asia dan 1 Asia Tenggara).

Baca Juga

"Itu kan hasil persetujuan dari diskusi owner klub Liga 1. Mungkin ada beberapa pertimbangan dari segi bisnis atau apa," kata Randy saat dihubungi Republika.co.id, Senin (6/3/2023). "Yang pasti saya yakin itu adalah demi kebaikan untuk semuanya, mungkin dari segi bisnis, waktu (jadwal), dan lain-lain."

Randy mengaku tidak ikut serta dalam sarasehan tersebut untuk mewakili Dewa United. Ia pun belum bisa menjelaskan detail dari wacana perubahan tersebut. Ia mengaku akan berbicara lebih lanjut dengan CEO Dewa United Ardian Satya mengenai detailnya dalam waktu dekat. Tapi di samping itu, ia menilai jika itu adalah buah dari diskusi para owner klub, pastinya wacana itu adalah jalan menuju kompetisi yang lebih baik.

"Kita belum dikasih tahu detailnya. Ini soalnya belum resmi, baru wacana aja. Tapi setahu saya ini (jadwal) liga-nya jadi lebih pasti dari Juli-April. Intinya semoga ini yang terbaik buat semua klub-klub Liga 1 dan Liga Indonesianya sendiri supaya semakin maju dan berkembang," kata Randy.

Mengenai wacana penambahan kuota pemain asing, Randy menilai hal itu akan menambah nilai dari kompetisi Liga 1 akan semakin tinggi. Selain itu, menurutnya, para pemain juga akan termotivasi untuk bisa bersaing dengan pemain-pemain asing. Menurutnya pengalaman dan jam terbang yang dimiliki pemain asing bisa mengangkat kualitas kompetisi sepak bola Indonesia.

"Mungkin itu bisa meningkatkan motivasi pemain-pemain lokal supaya lebih fight lagi untuk di kompetisi. Jadi mungkin nanti ke depannya kualitas-kualitas yang ada di pemain lokal bisa bersaing dengan pemain-pemain asing," ujar Randy menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement