Ahad 05 Mar 2023 11:45 WIB

Cegah Gejolak Inflasi, Gubernur BI Minta Jangan Ada Masalah Beras Menghilang

Pemerintah menargetkan laju inflasi secara umum tahun ini sebesar 3,6 persen.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, berbicara dalam Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan 2023, Ahad (5/3/2023).
Foto: tangkapan layar
Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, berbicara dalam Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan 2023, Ahad (5/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo berharap upaya pengendalian inflasi dengan menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan dilakukan optimal bersama seluruh pemangku kepentingan. Ia pun mengharapkan agar persoalan seperti kelangkaan bahan pangan pokok tidak terulang terlebih menjelang bulan Ramadhan.

Dalam sambutannya pada Kick Off Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan 2023, Ahad (5/3/2023) Perry menyingung persoalan komoditas beras yang beberapa waktu terakhir seolah menghilang dari pasar. Kemudian diikuti dengan kelangkaan minyak goreng yang berdampak pada kenaikan harga kedua bahan pokok itu.

"Kemarin saja, beras naik di mana-mana. Padahal berasnya ya, ada. Berasnya ada kok tiba-tiba bisa menghilang, lalu minyak goreng. Itu beberapa yang harus kita kendalikan, sebentar lagi kita memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri," kata Perry seperti dikutip melalui kanal Youtube Bank Indonesia.

Pemerintah menargetkan laju inflasi secara umum tahun ini sebesar 3,6 persen. Namun, Perry mengatakan, hingga paruh pertama 2023 kemungkinan angka inflasi masih akan tetap di atas lima persen. Penurunan inflasi hingga di bawah empat persen diproyeksi akan dicapai pada paruh kedua tahun ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement