Sabtu 25 Feb 2023 14:37 WIB

Ramadhan di Amerika Utara dan Eropa Dimulai 23 Maret 2023

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah.

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah
Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan di Amerika Utara dan Eropa Dimulai 23 Maret 2023
Foto: Pixabay
Ilustrasi Ramadhan. Ramadhan di Amerika Utara dan Eropa Dimulai 23 Maret 2023

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam dari berbagai belahan dunia akan memasuki bulan Ramadhan yang penuh berkah bulan depan. Berdasarkan perhitungan astronomi, umat Islam di seluruh dunia akan menyambut bulan suci ini pada Kamis, 23 Maret 2023 mendatang, termasuk di Amerika Utara dan Eropa. 

Di Amerika Utara, sebuah pernyataan dari Dewan Fiqh Amerika Utara (FCNA) mengatakan, Bulan Baru Astronomi atau hilal bulan baru Ramadhan terjadi pada Selasa, 21 Maret 2023, pukul 17.23 Waktu Universal. Pada hari itu, tidak ada tempat di bumi yang saat matahari terbenam elongasinya 8 derajat dan bulan 5 derajat di atas matahari.

Baca Juga

 “Jadi, hari pertama Ramadhan 1444 H adalah pada Kamis, 23 Maret 2023, insya Allah," dalam pernyataan yang dikutip About Islam, Sabtu (25/2/2023).

FCNA biasanya mengikuti Dewan Eropa untuk Fatwa dan Riset (ECFR), yang menyatakan bahwa penampakan bukanlah persyaratan tetapi hanya sarana untuk memastikan permulaan bulan baru, dan itu sekarang dicapai dengan perhitungan yang tepat.

Bagi umat Islam, bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, momentum untuk refleksi dan  kontemplasi. Pada bulan ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. 

Allah berfirman dalam Alquran, 

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِيْنَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُوْنَۙ

"Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa," (QS  Alquran ayat 183).

Saat berpuasa di bulan Ramadhan, umat Islam dewasa, kecuali yang sakit dan bepergian, tidak akan makan, minum, merokok, dan berhubungan seks mulai dari terbitnya fajar hingga terbenamnya matahari. Selama bulan Ramadhan, umat Islam akan berlomba-lomba untuk mendekatkan diri kepada Allah melalui doa, pengendalian diri, dan perbuatan baik.

Selain itu, umat Islam biasanya juga akan menghabiskan waktunya di bulan Ramadhan untuk mempelajari kitab suci Alquran. Tidak hanya itu, banyak pria muslim yang melakukan i'tikaf di masjid, khususnya pada 10 hari terakhir Ramadhan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement