Kamis 23 Feb 2023 19:16 WIB

Soal Peluang Gibran pada Pilgub 2024, FX Rudy: Besar, Tapi Tergantung Penugasan Partai

Gibran dinilai sebagai politisi muda yang mempunyai kemampuan melobi.

Rep: Muhammad Noor Alfian Choir/ Red: Fernan Rahadi
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- eks Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo mengatakan bahwa peluang Gibran Rakabuming Raka maju di pemilihan gubernur sangat besar. Ia menilai Wali Kota Solo tersebut sebagai politisi muda yang mempunyai kemampuan melobi. 

"Potensi ya peluangnya besar untuk gubernur, karena punya kemampuan lobi-lobi yang cukup bagus. Mau membangun komunikasi dan koordinasi dengan partai lain. Tapi tetap kembali lagi mas Gibran berangkat dari PDIP dan partai yang nanti akan memutuskan," kata ketua DPC PDIP Kota Solo itu.

FX Rudy menegaskan keputusan Gibran maju baik di DKI Jakarta maupun di Jawa Tengah itu tergantung pada rekomendasi dari Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. Ia juga mengatakan tidak menutup kemungkinan putra sulung presiden Joko Widodo tersebut kembali menjabat dua periode sebagai Wali Kota Solo.

"Lho ya ndak papa, wong nanti mas Gibran penugasan dari partai sebagai petugas partai mau di DKI mau di Jateng, partai yang menugaskan, bukan kita. (Solo dua periode) ya bisa jadi," katanya.

Selain itu, FX Rudy juga menyebut bahwa kriteria gubernur itu salah satunya harus mempunyai karakter melayani rakyatnya. 

"Berkarakter melayani, selesai dengan dirinya sendiri, dan menjadi gubernur itu bukan penguasa, tetapi lebih kepada meraih kekuasaan untuk menyejahterakan rakyatnya. Ya kriteria itu pas lah," katanya. 

Ketika ditanya apakah Gibran sudah memiliki karakter tersebut, FX Rudy mengatakan bahwa yang berhak menilai itu DPP PDIP dan masyarakat. Namun, FX Rudy juga mengatakan ada pertimbangan lainnya.

"Lha itu karakter yang menilai DPP dan rakyat to. Kemajuan wilayah jadi pertimbangan (karena) di situlah kinerja dari seorang pemimpin di daerah," katanya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement