Rabu 15 Feb 2023 15:42 WIB

MU Laku Keras, Kini Elon Musk Pemilik Rp 2.832 Triliun Siap Ajukan Tawaran

Elon Musk punya segalanya untuk memajukan MU.

Rep: Fitrianto/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan founder SpaceX Elon Musk saat kunjungan di pabrik produksi roket SpaceX di Boca Chica, AS, Sabtu (14/5/2022).
Foto: ANTARA/Biro Pers Setpres/Laily Rachev
Presiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan founder SpaceX Elon Musk saat kunjungan di pabrik produksi roket SpaceX di Boca Chica, AS, Sabtu (14/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Salah satu kandidat pengambilalihan Manchester United adalah Elon Musk. Dia adalah salah satu orang terkaya di planet ini, dengan kekayaan pribadinya yang melebihi kekayaan keluarga kerajaan Inggris.  

Oleh karena itu, Setan Merah akan memiliki banyak dana untuk mengubah klub baik di dalam maupun di luar lapangan jika pemilik Twitter memenangkan perlombaan untuk mengambil kendali dari keluarga Glazers.

Baca Juga

Penggemar United telah menyerukan perubahan di ruang rapat dalam beberapa tahun terakhir, dengan Glazers hampir secara universal tidak populer lagi di Old Trafford. Suporter merasa seolah-olah investasi diperlukan dalam fasilitas pelatihan, sementara banyak yang dirugikan atas hutang yang diakumulasikan oleh klub di bawah pengawasan mereka.

Doa mereka mungkin akan segera terkabul dengan Glazers yang konon bersedia menjual jika valuasi mereka yang sangat besar 6 miliar poundsterling atau sekira Rp 110 triliun terpenuhi.  Musk bergabung dengan orang-orang seperti Sir Jim Ratcliffe dan dana investasi Qatar yang kaya untuk memantau situasi United.

Dengan kekayaan bersih lebih dari 154 miliar poundsterling atau sekira Rp. 2.832 triliun, Musk dilaporkan sebagai individu terkaya kedua di planet ini setelah raja barang mewah Bernard Arnault.

Musk telah berhasil mempertahankan statusnya sebagai pemain penting dalam daftar orang kaya global meskipun mengalami penurunan kekayaan sebesar 149 miliar poundsterling atau sekira Rp 2.742 triliun tahun lalu. Sebagian besar karena penurunan saham Tesla, jumlah tersebut merupakan penurunan terbesar dalam kekayaan bersih selama satu tahun kalender, dengan kekayaannya pernah mencapai 262 miliar atau sekira Rp 4.820 triliun yang dilaporkan.

Selain membombardir kekayaan keluarga Glazer, Musk telah mengumpulkan kekayaan bersih tujuh kali lipat dari kekayaan keluarga kerajaan yang dilaporkan hanya 23 miliar poundsterling atau sekira Rp 423 triliun.  Sumber kekayaan terbesar untuk keluarga kerajaan - yang dikenal sebagai Crown Estate - mencakup area pedesaan yang luas dan properti London kelas atas.

Sebelumnya, gruporang-orang kaya Qatar juga dikabarkan siap membeli MU. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement