Jumat 03 Feb 2023 12:30 WIB

Cabai Panggang Diusulkan Jadi Aroma Resmi New Mexico

Cabai panggang telah menjadi bagian dari makanan keseharian warga New Mexico.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
New Mexico, AS mempertimbangkan untuk menjadikan bau cabai panggang sebagai aroma resminya.
Foto: AP Photo/Susan Montoya Bryan, File
New Mexico, AS mempertimbangkan untuk menjadikan bau cabai panggang sebagai aroma resminya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Aroma manis dari cabai hijau yang dipanggang di atas api terbuka menyebar ke seluruh penjuru New Mexico, Amerika Serikat setiap musim gugur. Aromanya tercium dari kios pinggir jalan hingga tempat parkir toko kelontong.

Fenomena ini menghadirkan keajaiban kuliner yang menggiurkan. Dilansir AP, Jumat (3/2/2023), salah satu anggota parlemen negara bagian mengatakan sudah waktunya bagi semua orang untuk bangun dan mencium bau cabai. Kunjungan senator Bill Soules bersama siswa kelas lima di distrik selatannya memunculkan percakapan tentang cabai yang gurih dan potensi New Mexico untuk menjadi negara bagian pertama di negara yang dengan bangga memiliki aroma resmi negara bagian.

Baca Juga

Ini adalah sebuah proposal yang sekarang sedang dipertimbangkan oleh anggota parlemen. "Ini sangat unik untuk negara bagian kami," ujar Soules dari Partai Demokrat di Las Cruces tentang memanggang cabai.

"Saya sudah coba mencari negara bagian lain yang memiliki bau atau aroma yang khas di seluruh negara bagian, dan saya tidak dapat menemukannya."

Bagi New Mexico, cabai lebih dari sekadar bahan utama untuk setiap hidangan. Di sana, pertanyaan lazim ialah "merah atau hijau?". Cabai dianggap salah satu sayuran resmi New Mexico.

New Mexico menghasilkan lebih dari 60 persen panen cabai AS pada tahun 2021 dan merupakan rumah bagi Hatch, desa pertanian yang dikenal sebagai ibu kota cabai dunia karena menghasilkan paprika merah dan hijau unik dari generasi ke generasi. Tanaman yang terkenal itu juga digunakan dalam bubuk, saus, dan salsa yang dikirim ke seluruh dunia.

Perundang-undangan yang mengakui cabai panggang sebagai aroma resmi melewati komite pertamanya pada hari Selasa (31/1/2023) lalu dan para pendukungnya mengatakan itu tidak akan menimbulkan banyak perdebatan. Anggota parlemen berbagi cerita mereka sendiri tentang bagaimana mereka tidak dapat menjalani hari tanpa memakannya, dari cabai merah lattes untuk menumis burrito sarapan hingga sepiring enchilada dan tamale yang dibumbui dengan paprika.

"Cabai ada di hati dan di piring semua orang New Mexico, dan aroma cabai hijau segar yang dipanggang memungkinkan kita untuk mengenang kenangan makan atau menikmati tanaman khas kita tercinta. Kami suka menyebut ingatan itu sebagai cerita cabai seseorang, dan masing-masing dari kita sebagai orang New Mexico memiliki cerita cabai," kata Travis Day, direktur eksekutif Asosiasi Chili New Mexico.

 

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement