Kamis 12 Jan 2023 00:26 WIB

Tim SNPMB Awasi Ketat SNBT Antisipasi Joki

Tim SNPMB akan mengawasi SNBT dengan ketat untuk mengantisipasi joki.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bilal Ramadhan
Sejumlah peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tim SNPMB akan mengawasi SNBT dengan ketat untuk mengantisipasi joki.
Foto: ANTARA/Adeng Bustomi
Sejumlah peserta mengikuti Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). Tim SNPMB akan mengawasi SNBT dengan ketat untuk mengantisipasi joki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perkembangan teknologi tak selamanya berdampak positif. Salah satu bentuk penyalahgunaan perkembangan teknologi ada pada seleksi masuk perguruan tinggi melalui jalur tes. Meski begitu, tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) memastikan sudah menyiapkan antisipasi agar potensi kecurangan tak terjadi pada tahun ini.

"Joki-joki ini pintar bermain dengan teknologi. Karena teknologi makin murah, beli kamera itu murah, kemudian sekarang Covid-19, terus kamera dipasang di masker," ujar Ketua SNPMB, Mochamad Ashari, dikutip dari siaran Youtube, Rabu (11/1/2023).

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya sudah menyiapkan antisipasi berupa penyediaan metal detector. Akan tetapi, tidak semua perguruan tinggi memiliki infrastruktur yang baik sehingga ada saja yang kebobolan. Karena itu, masih ada yang lolos terbawa ke dalam kelas.

"Ada juga yang bobol. Dia bawa ke kelas dan viral dia foto soal dan dia minta kawannya membantu mengerjakan soal," jelas Ashari.

Ashari menjelaskan, tindakan curang seperti itu pasti akan ketahuan. Apalagi, soal antara satu peserta dengan peserta lainnya tidak ada yang sama. Pihaknya melakukan diferensiasi soal ujian yang akan dikerjakan oleh para peserta SNPMN jalur tes sehingga soal akan berbeda.

"Ini mau disebar ke mana? Yang lain juga tidak sama soalnya, bisanya cuma ke yang bersangkutan sehingga tidak merugikan yang lain. Tapi ya ketahuan (akhirnya). Kalau ada yang seperti ini kita serahkan kepada yang berwajib dan terus diusut," jelas dia.

Tahapan awal SNPMB berupa registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa sudah resmi berjalan. Proses registrasi untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) sudah dapat dilakukan pada 9 Januari 2023 lalu.

"Diawali dengan registrasi akun SNPMB bagi sekolah dan siswa pada Senin, 9 Januari 2023 di portal SNPMB," ujar Ketua Umum SNMPB 2023, Mochamad Ashari, dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Dia menerangkan, registrasi akun SNPMB bagi sekolah akan berakhir pada 9 Februari 2023. Sementara itu, masa pendaftaran registrasi akun SNPMB yang diperuntukkan khusus bagi siswa lulusan 2023 yang akan mengikuti SNBP akan berakhir pada 15 Februari 2023.

"Bagi peserta yang akan mendaftar SNBT, registrasi akun SNPMB dapat dilakukan pada 14-28 Februari 2023," terang Ashari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement