Selasa 27 Dec 2022 10:25 WIB

Sotong, Hewan Laut yang Bisa Lolos Uji Kognitif Seperti Manusia

Sotong memiliki kemampuan untuk menunggu demi mendapatkan makanan yang lebih disukai.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Warga memilih udang yang akan dibeli di Pantai Desa Tanjung,  Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (28/3/2021). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan secara nilai, komoditas udang, tuna, cakalang, cumi, sotong, gurita, rajungan, dan kepiting akan menjadi produk unggulan dan prioritas di 2021.
Foto: ANTARA/Saiful Bahri
Warga memilih udang yang akan dibeli di Pantai Desa Tanjung, Pamekasan, Jawa Timur, Ahad (28/3/2021). Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menyebutkan secara nilai, komoditas udang, tuna, cakalang, cumi, sotong, gurita, rajungan, dan kepiting akan menjadi produk unggulan dan prioritas di 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tahun lalu, uji kecerdasan sefalopoda memperkuat betapa pentingnya bagi manusia untuk tidak meremehkan kecerdasan hewan. Hewan laut sotong diberi tes marshmallow versi baru.

Tes marshmallow, atau eksperimen marshmallow Stanford, cukup mudah. Dilansir dari Sciencealert, Selasa (29/11/2022) gambaran tes marshmallow adalah seorang anak ditempatkan di sebuah ruangan dengan marshmallow. 

Baca Juga

Mereka diberi tahu jika mereka dapat mengatur untuk tidak memakan marshmallow selama 15 menit, mereka akan mendapatkan marshmallow kedua, dan diizinkan untuk memakan keduanya.

Kemampuan menunda kepuasan ini menunjukkan kemampuan kognitif seperti perencanaan masa depan. Tes ini awalnya dilakukan untuk mempelajari bagaimana kognisi manusia berkembang. Khususnya, pada usia berapa manusia cukup pintar untuk menunda kepuasan jika itu berarti hasil yang lebih baik nantinya.

Karena sangat sederhana, tes ini dapat disesuaikan untuk hewan. Manusia bisa melatih untuk memahami bahwa makanan yang lebih baik akan datang jika hewan kecil itu tidak langsung memakan makanan di depan mereka.

Beberapa primata dapat menunda kepuasan, bersama dengan anjing, meskipun tidak konsisten. Burung dari keluarga burung gagak (corvid) juga telah lulus uji marshmallow.

Pada tahun 2020, sotong juga lolos uji versi marshmallow. Para ilmuwan menunjukkan bahwa sotong biasa (Sepia officinalis) dapat menahan diri untuk tidak makan daging kepiting di pagi hari setelah mereka mengetahui bahwa makan malam akan menjadi sesuatu yang lebih mereka sukai yakni udang.

Namun, seperti yang ditunjukkan oleh tim peneliti yang dipimpin oleh ahli ekologi perilaku Alexandra Schnell dari University of Cambridge, dalam kasus ini sulit untuk menentukan apakah perubahan perilaku mencari makan ini sebagai respons terhadap ketersediaan mangsa atau diatur oleh kemampuan untuk melakukan pengendalian diri. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement