Senin 26 Dec 2022 16:21 WIB

12 Makanan Terbaik Bagi Lansia di Atas 50 Tahun untuk Turunkan Berat Badan

Menurunkan berat badan bukan perkara mudah bagi lansia di atas 50 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Menurunkan berat badan bukan perkara mudah bagi lansia di atas 50 tahun.
Foto: www.maxpixel.com
Menurunkan berat badan bukan perkara mudah bagi lansia di atas 50 tahun.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menurunkan berat badan bukanlah perkara mudah apalagi bagi mereka yang sudah berusia 50 tahun ke atas. Selain tetap aktif secara fisik, pada ahli mengatakan bahwa mengubah pola makan menjadi lebih sehat bisa menjadi langkah yang tepat.

Lantas apa saja makanan yang harus dikonsumsi agar berat badannya bisa turun? Berikut 12 makanan yang direkomendasikan ahli seperti dilansir dari EatThis, Senin (26/12/2022).

Baca Juga

 

1. Sayuran hijau

Ahli gizi Melissa Mitri mengatakan, sayuran berdaun hijau adalah salah satu makanan penurun berat badan terbaik bagi individu berusia di atas 50 tahun. Contohnya termasuk sayuran collard, bayam, dan kangkung, yang rendah kalori dan kaya dengan air serta serat sehingga bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

“Makan lebih banyak sayuran ini dapat membantu menjaga kalori harian Anda, membuatnya lebih mudah untuk menurunkan berat badan. Sayuran ini juga juga sangat cepat dan mudah dimasak,” kata Mitri.

 

2. Ikan berlemak

Rekomendasi luar biasa lainnya dari Mitri adalah ikan lemak seperti cod, tuna, dan salmon. Tidak hanya mereka sumber protein berkualitas yang luar biasa, ikan berlemak juga rendah kalori.

"Mendapatkan cukup protein tanpa lemak sangat penting untuk individu di atas 50 tahun untuk mempertahankan massa otot dan mendukung metabolisme yang lebih cepat, dan ikan adalah salah satu sumber terbaik. Penelitian menunjukkan menjaga otot seiring bertambahnya usia dapat meningkatkan berat badan yang lebih sehat,” kata Mitri.

Ahli gizi Marissa Meshulam mendukung betapa hebatnya penurunan berat badan karena salmon. Dia menjelaskan, salmon tinggi protein dan omega-3 dimana keduanya bisa membantu meningkatkan rasa kenyang. “Lemak spesifik dalam salmon (omega-3) sangat bagus untuk menjaga kesehatan pikiran kita seiring bertambahnya usia,” jelas Meshulam.

 

3. Alpukat

Ahli gizi Elizabeth Shaw mengungkapkan, alpukat kaya akan serat, lemak sehat, dan lebih dari 20 vitamin dan mineral. Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa menambahkan alpukat ke dalam diet bisa meningkatkan penurunan berat badan.

 

4. Prune

Prune adalah buah plum yang dikeringkan di bawah sinar matahari tanpa proses fermentasi. Sebuah studi mengungkapkan bahwa makan plum dapat membantu mengurangi kemungkinan menderita keropos tulang yang berkaitan dengan usia. Anda bisa mengonsumsi empat buah plum dengan total 400 kalori dalam sehari.

 

5. Telur

Telur mengandung banyak manfaat termasuk kolin dan vitamin B yang bermanfaat untuk fungsi otak dan otot. Karenanya, mengonsumsi telur bisa membantu memperkuat massa otot.

 

6. Greek yogurt

Greek yoghurt dengan rasa plain adalah pilihan sarapan yang luar biasa. Satu mangkok kecil saja bisa menyediakan protein sebanyak 15 hingga 17 gram, ahli diet Lainey Younkin. Protein penting untuk meningkatkan metabolisme. Tubuh Anda membakar dua kali lipat jumlah kalori saat mencerna protein, dibandingkan dengan lemak dan karbohidrat.

"Selain itu, jika Anda mengangkat beban (yang juga meningkatkan metabolisme Anda), protein membantu membangun kembali massa otot. Semakin banyak otot yang dimiliki, semakin banyak kalori yang akan dibakar," tambah dia

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement