Kamis 22 Dec 2022 18:22 WIB

Kapten Timnas Indonesia Optimistis Bawa Indonesia Patahkan Kutukan Piala AFF

Indonesia lekat dengan kutukan sebagai runner-up Piala AFF.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto (kiri).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapten Timnas Indonesia Fachruddin Aryanto ingin menatap kejuaraan Piala AFF 2022 dengan optimistis. Indonesia akan melakoni laga perdana menghadapi Kamboja di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SU GBK), Jumat (23/12/2022) sore WIB. Fachruddin memastikan tim akan melakukan yang terbaik.

"Kita sudah melakukan TC kurang lebih satu bulan di Bali, terus kami geser ke sini, alhamdulillah kita semua berjalan lancar, dan besok kita siap memberikan yang terbaik. Kita harus siap 100 persen untuk pertandingan besok," kata Fachruddin dalam konferensi pers jelang pertandingan, Kamis (22/12/2022).

Baca Juga

Bagi pemain berusia 33 tahun itu, ini akan menjadi Piala AFF keenam selama berkarir di Timnas Indonesia. Di edisi terakhir, pada 2020, Fachruddin dkk belum juga mematahkan label Indonesia sebagai spesialis runner-up di Piala AFF. Tapi Fachruddin mengaku optimistis dengan kekuatan skuad Garuda saat ini untuk mematahkan kutukan tersebut.

"Di tahun terakhir kemarin kita banyak dihuni pemain muda, terus sekarang banyak ada kombinasi, naturalisasi dengan banyak pemain yang kemarin juga sudah banyak pengalaman juga di laga internasional, saya berharap tahun ini bisa lebih baik dari tahun sebelumnya," ujarnya.

"Pemain yang tahun kemarin masih banyak juga yang kumpul di AFF sekarang, jadi mungkin itu bisa menjadi nilai lebih kita, mungkin hanya satu atau dua pemain saja yang berganti," ujar dia. 

Fachruddin menyadari bahwa terhentinya kompetisi Liga 1 pasca Tragedi Kanjuruhan menjadi kendala bagi para pemain. Namun, menurutnya itu tidak boleh menjadi alasan bagi pemain untuk tidak tampil maksimal. Dia memastikan semua pemain akan memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk memenangkan gelar Piala AFF 2022.

"Memang kita sebagai pemain juga bisa merasakan (tidak ada kompetis), tapi kita juga nggak mau menjadikan itu alasan, kita harus berjuang apapun kondisinya, bahwa kita sudah di depan mata untuk turnamen tersebut," kata Fachruddin. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement