Selasa 20 Dec 2022 14:46 WIB

Kenang Perjuangan Pahlawan, Pemkab Gelar Peringatan Hari Bela Negara

Masyarakat hendaknya senantiasa mengokohkan kembali persatuan dan kesatuan.

Rep: Febrianto Adi Saputro/ Red: Yusuf Assidiq
Kantor Pemkab Sleman.
Foto: Wahyu Suryana.
Kantor Pemkab Sleman.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman, DIY, menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Bela Negara ke 74. Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa mengatakan, Hari Bela Negara ke 74 sebagai bentuk penghargaan atas perjuangan tokoh nasional dalam mempertahankan kemerdekaan dan sistem pemerintahan Indonesia yang mandiri.

 

Danang juga mengajak masyarakat untuk mengokohkan kembali persatuan dan kesatuan, gotong royong, serta menjaga keutuhan NKRI. "Saya mengajak masyarakat Sleman senantiasa  mengokohkan kembali persatuan dan kesatuan, semangat pantang menyerah, kebersamaan dan gotong royong untuk mempertahankan serta menjaga keutuhan NKRI," katanya, Selasa (20/12).

 

Bersamaan Pemkab Sleman juga melaksanakan peringatan Hari Nusantara ke 65. Danang Maharsa dalam amanatnya menyampaikan upacara yang dilaksanakan hari ini merupakan sarana untuk memperingati dan mengenang peristiwa-peristiwa bersejarah dalam perjalanan bangsa dan negara.

 

Ia menambahkan peringatan Hari Nusantara ke 65 menjadi momentum untuk mengingat Deklarasi Djuanda yang dicetuskan pada 13 Desember 1957 oleh Djuanda Kartawidjaya yang berisi pernyataan bahwa laut Indonesia menjadi satu kesatuan kedualatn wilayah NKRI.

 

"Peringatan Hari Nusantara ke 65 ini sekaligus untuk merevitalisasi kesadaran bahwa Indonesia sebagai negara kepulauan dan merevitalisasi makna Wawasan Nusantara sebagai manifestasi Deklarasi DJuanda," ujarnya.

 

Selain itu, pada kesempatan sama juga diperingati Hari Ibu ke 94. Danang menyampaikan peringatan tersebut menjadi bentuk penghargaan dan apresiasi kepada perjuangan perempuan Indonesia untuk perannya dalam pembangunan bangsa Indonesia.

 

"Saya berharap perempuan saat ini dengan segala aktivitasnya tidak melupakan makna  perjuangan perempuan Indonesia di masa lalu. Mari warnai peringatan Hari Ibu ke 94 ini dengan peran serta karya nyata bagi Indonesia tercinta," kata dia.

 

Dalam upacara yang dilangsungkan di lapangan Pemda Sleman tersebut juga dilaksanakan pembacaan ikrar bela negara dan sejarah singkat Hari Ibu, dilanjutkan dengan menyanyikan Mars Hari Ibu dan Mars Bela Negara. Sejumlah pejabat beserta seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemkab Sleman turut hadir dan mengikuti rangkaian upacara bendera.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement