Senin 19 Dec 2022 22:22 WIB

6 Sayuran Ini Wajib Dikonsumsi di Musim Dingin

Enam jenis sayuran ini bisa perkuat sistem kekebalan tubuh di musim dingin.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Nora Azizah
Makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghindari tubuh dari penyakit peradangan kronis.
Foto: Pxhere
Makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghindari tubuh dari penyakit peradangan kronis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsumsi makanan sehat pada musim dingin ini dapat melindungi tubuh dari infeksi virus musiman, seperti pilek, flu, dan demam. Pasalnya, makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu menghindari tubuh dari penyakit peradangan kronis.

Apa saja makanan sehat yang disarankan dikomsumsi saat musim dingin? Berikut daftar enam makanan paling bergizi yang disarankan banyak dikonsumsi, dilansir dari laman Speedkeeda, Senin (19/12/2022).

Baca Juga

 

1. Wortel

Wortel mengandung beberapa vitamin, mineral, dan antioksidan. Wortel merupakan sumber beta-karoten yang luar biasa, yang merupakan prekursor retinol, komponen kunci di mata.

Wortel juga termasuk makanan berserat tinggi terbaik. Serat makanan mendorong pertumbuhan bakteri usus probiotik. Wortel bisa membantu menyehatkan pencernaan dan penyerapan nutrisi dalam usus. Wortel jelas merupakan salah satu makanan sehat yang baik dikonsumsi.

 

2. Almond

Almond adalah salah satu camilan pra-latihan terbaik yang mengisi bahan bakar tubuh. Kacang ini termasuk makanan sehat yang ramah ke tubuh dan juga bisa diolah menjadi susu.

 

3. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan sehat yang harus dimasukkan ke dalam daftar makanan sehat di musim dingin ini. Brokoli dapat menurunkan kadar glukosa darah dan meningkatkan sensitivitas insulin pada penderita diabetes. Sayuran ini juga menjadi salah satu makanan anti-inflamasi terbaik.

 

4. Kale

Kale menjadi sayuran musim dingin populer yang termasuk dalam keluarga sayuran silangan, yang meliputi tanaman seperti brokoli, kubis Brussel, kol, dan lobak. Kale termasuk makanan sehat untuk meningkatkan kesehatan dan sistem kekebalan tubuh di musim dingin.

 

5. Telur

Telur adalah salah satu makanan sehat wajib sepanjang tahun. Telur juga dapat digunakan sebagai camilan berprotein tinggi terbaik untuk meningkatkan metabolisme. Telur dapat dengan mudah dimasak dengan berbagai cara.

 

6. Lobak

Lobak juga menjadi salah satu sayuran musim dingin yang kaya akan vitamin B dan C, serta potasium. Hal ini menjadikannya salah satu makanan sehat terbaik di musim dingin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement