Jumat 16 Dec 2022 15:32 WIB

Hetero Space Banyumas, Ruang Berkolaborasi Ide Kreatif

Tempat ini akan menjadi wadah strategis bagi anak muda.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Hetero Space Banyumas di gedung eks Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas – Pekalongan, di Jalan Gatot Subroto Nomor 75 Purwokerto, Jumat (16/12/22).
Foto: Dok. Pemkab Banyumas
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Hetero Space Banyumas di gedung eks Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas – Pekalongan, di Jalan Gatot Subroto Nomor 75 Purwokerto, Jumat (16/12/22).

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meresmikan Hetero Space Banyumas di gedung eks Badan Koordinasi Wilayah (Bakorwil) III Banyumas – Pekalongan, di Jalan Gatot Subroto Nomor 75 Purwokerto, Jumat (16/12/2022).

Hetero space dipersembahkan untuk kalangan kreatif Banyumas sebagai wadah berkreasi. Gubernur berharap, tempat ini akan menjadi ruang kolaborasi atau tempat sharing bagi para pelaku bisnis untuk saling bertukar ide, sehingga nantinya setiap masalah yang ada memiliki rujukan yang telah didiskusikan.

"Satu kata untuk tempat ini, manfaatkan. Peran kita adalah memfasilitasi,” ujar Ganjar.

Menyambut hal tersebut, Bupati Banyumas Achmad Husein mengucapkan rasa terima kasihnya kepada gubernur yang sudah memilih Banyumas sebagai tempat ke-3 berdirinya Hetero Space setelah Solo dan Semarang. Ia mengungkapkan rasa optimismenya bahwa tempat ini akan menjadi wadah strategis bagi anak muda.

“Ada Bank BI yang sudah siap melakukan kegiatan satu bulan sekali di sini. Nanti saya akan mencari tiga lagi, sehingga sepekan sekali akan ada kegiatan yang meramaikan. Kami siap menyukseskan program Pak Ganjar,” katanya.

Hetero Space Banyumas akan terdiri dari berbagai ruang antara lain event space indoor dan outdoor, co-working space 1 dan 2, meeting room 1,2,3, private room, refreshing room, frontdesk, team space, maker space packaging, galeri UMKM, studio, dan sebagainya.

“Pertimbangan adanya Hetero Space Banyumas dapat diukur melalui suksesnya pengoperasian co-working space yang pertama di Kota Semarang disusul di Kota Surakarta dalam mengakomodasi startup digital dan UMKM Jateng untuk mengembangkan usahanya meskipun di era pandemi Covid-19,”  kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Provinsi Jateng, Ema Rachmawati.

Selain meresmikan Hetero Space, Pemprov Jateng melalui Dinas Koperasi dan UKM bersama Impala Network juga menggelar Hetero Festival Vol III untuk Jateng. Hetero Festival Vol III hadir dalam rangka memulai rangkaian aktivasi dan pemberdayaan para brand lokal melalui Hetero Space.

Festival ini dikemas dengan mengadopsi seni dan budaya sebagai unsur yang melekat dalam struktur masyarakat Banyumas dengan mengedepankan kolaborasi antar komunitas. Harapannya agar mampu menghadirkan keselarasan bagi seluruh elemen kreatif di  Banyumas.

Dengan tema Harmoni Budaya, Sosial, dan Ekonomi Banyumas, akan berfokus untuk menghimpun seluruh elemen budaya, komunitas, dan jenama lokal for better Banyumas untuk berkembang dan bisa berdaya saing. Hetero Festival Vol III berlangsung secara luring pada 16-18 Desember 2022 di Hetero Space Banyumas.

Ema berharap, Hetero Festival mampu memberikan manfaat secara berkelanjutan bagi start up, komunitas, UMKM dalam merealisasikan ide-ide dan gagasan dalam menjawab tantangan serta problematika di wilayah setempat.

"Harapannya mampu memajukan masyarakat dan pegiat industri kreatif di Banyumas," kata Ema.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement