Senin 12 Dec 2022 18:15 WIB

AS Undang Rusia Dalam Pertemuan APEC 2023

Rusia akan diundang untuk menghadiri pertemuan APEC tahun depan

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Esthi Maharani
Presiden AS, Joe Biden (kiri) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan)
Foto: AP/VOA/Reuters
Presiden AS, Joe Biden (kiri) dan Presiden Rusia, Vladimir Putin (kanan)

REPUBLIKA.CO.ID, SINGAPURA -- Seorang pejabat Amerika Serikat (AS) pada Senin (12/12/2022) mengatakan, Rusia akan diundang untuk menghadiri pertemuan blok Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) yang diselenggarakan oleh Washington tahun depan. Dalam pertemuan APEC pada Mei lalu, perwakilan AS keluar ruangan ketika perwakilan Rusia menyampaikan pidato.

"Sebagai tuan rumah APEC yang baik, Amerika Serikat akan mengundang Rusia, yang merupakan anggota dari blok 21 negara," ujar pejabat senior AS untuk APEC, Matt Murray dalam jumpa pers di Singapura.

Hubungan antara Washington dan Moskow telah memburuk sejak Rusia menginvasi Ukraina pada Februari. Tindakan Rusia ini telah memicu sanksi dan kecaman dari negara-negara Berat, serta negara lainnya seperti Singapura.

Dalam pertemuan APEC yang diselenggarakan oleh Thailand pada Mei lalu, perwakilan dari Amerika Serikat dan beberapa negara lain keluar dari ruangan ketika Menteri Ekonomi Rusia Maxim Reshetnikov menyampaikan pidatonya. Aksi ini sebagai bentuk protes atas invasi Rusia ke Ukraina.

Murray tidak mengatakan apakah Putin akan menghadiri pertemuan para pemimpin APEC tahun depan di San Francisco. Putin tidak hadir dalam pertemuan APEC pada Mei lalu di Thailand. Dia diwakili oleh Wakil Pertama Perdana Menteri Andrei Belousov.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement