Ahad 11 Dec 2022 17:17 WIB

Livescore Liga 1: Arema Taklukkan Persis Solo

Dedik Setiawan memborong dua gol kemenangan Arema 2-1 atas Persis.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
BRI Liga 1
Foto: Dok Liga Indonesia Baru
BRI Liga 1

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Arema FC memetik poin penuh saat menghadapi Persis Solo pada pekan ke-13 BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Jatidiri, Semarang, Ahad (11/12/2022) sore WIB. Arema menang dengan skor 2-1 melalui dua gol yang diciptakan oleh Dedik Setiawan. 

Kemenangan ini mengokohkan Arema di posisi kesembilan klasemen Liga 1 dengan nilai 20, unggul empat poin dari Persebaya di peringkat 10. Sementara Persis berada di posisi 11 dengan nilai 14.

Baca Juga

Persis melancarkan inisiatif serangan pada menit-menit awal, tapi kiper Adilson Maringa bisa mencegah upaya dari Rodriguez. Sejurus kemudian, Arema mencoba membalas dengan tekanan langsung ke gawang, tapi bola dihentikan di lini pertahanan Laskar Sambernyawa.

Peluang dimiliki Dedik Setiawan pada menit keempat saat mendapatkan umpan terobosan dari Arkhan Fikri, tapi ia dilanggar oleh Gianluca di area terlarang. Penalti pun diberikan oleh wasit dan Dedik menyelesaikan tugasnya dengan baik. Skor 1-0 untuk Arema FC. Ini sekaligus menjadi gol ketiga bagi Dedik pada Liga 1 musim ini.

Persis mencoba mengejar ketertinggalan. Pada menit ke-10 Samsul Arif membuka ruang dari sisi kiri dengan memberikan umpan silang ke kotak penalti. Sutanto Tan berada di posisi yang tepat untuk menyelesaikan umpan tersebut tapi tandukannya masih mengarah tepat kepada kiper sehingga dapat dengan mudah diamankan oleh Maringa.

Beberapa serangan Persis yang gagal berakibat pada serangan balik dari Singo Edan. Beruntung belum ada peluang yang berhasil menembus gawang Persis. Selanjutnya di menit ke-13 bahaya diberikan Samsul dari sudut sempit gawang Arema. Beruntung bagi Arema Maringa bisa melakukan penyelamatan penting.

Setelah 15 menit, Persis mulai menurunkan tempo. Laskar Sambernyawa lebih banyak memainkan bola-bola daerah untuk membuka ruang. Pada menit ke-17 Messidoro berhasil membuka ruang untuknya sendiri melewati pertahanan Arema. Ia kemudian melepaskan tembakan dari luar kotak tapi masih bisa ditepis oleh Maringa.

Singo Edan hampir menggandakan keunggulan di menit ke-22. Peluang bertubi-tubi dilakukan oleh Gian Zola dari luar kotak tapi bisa ditepis kiper, bola rebound kemudian disambar oleh Dedik tapi kembali diblokir kiper dan Ilham Udin menyusul dengan tendangan keras tapi bola melesat tinggi di atas mistar gawang. 

Tembakan tepat sasaran dilepaskan oleh Ryo Matsumura pada menit ke-28 dari luar kotak penalti saat mendapatkan umpan dari Messidoro. Namun bola masih dapat ditepis oleh Maringa. Tekanan demi tekanan diberikan oleh Laskar Sambernyawa sementara Arema banyak melakukannya dari serangan balik.

Matsumura akhirnya mencetak gol penyama kedudukan pada menit ke-33. Ia dengan berani menghadapi tiga pemain belakang Arema di area pertahanan terakhir sebelum akhirnya mendapat ruang tembak dari luar kotak penalti. Tembakan ke sisi kanan gagal diamankan oleh Maringa. Skor berubah imbang 1-1.

Kedua tim masih terus berjuang untuk menambah skor mereka. Pada menit ke-43 Ryo berhasil menggetarkan jala ke gawang saat menerima umpan dari Messidoro, tapi tidak dianggap gol karena ia sudah berada di posisi offside. Itu menjadi peluang terakhir sebelum wasit meniup peluit istirahat. 

Babak kedua dimulai dengan semangat baru yang ditunjukkan oleh kedua tim. Arema lebih banyak menekan pertahanan Persis. Peluang dimiliki pada menit ke-54 saat Hanis Sagara yang masuk dari bangku cadangan melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti tapi bisa diamankan oleh Gianluca. Selanjutnya, umpan Dedik kepada Ilham di tengah kotak tapi tendangan akrobatik dari Ilham meleset dari sasaran.

Pada menit ke-59...

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement