Jumat 18 Nov 2022 21:15 WIB

Menhan AS akan Lakukan Kunjungan Kerja ke Jakarta

Menhan AS dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara termasuk Indonesia.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Esthi Maharani
 Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Llyod Austin III dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara termasuk Indonesia.
Foto: AP/Olivier Matthys
Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Llyod Austin III dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara termasuk Indonesia.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON - Menteri Pertahanan Amerika Serikat (AS), Llyod Austin III dijadwalkan melakukan kunjungan kerja ke tiga negara termasuk Indonesia. Kunjungan pertama dimulai dari Nova Scotia, Kanada pada Jumat (18/11/2022) waktu setempat.

Menurut website resmi Kementerian Pertahanan pada Kamis (17/11/2022), Austin akan menyampaikan pidato utama di Forum Keamanan Internasional Halifax 2022 di Kanada. Hal itu bakal berpusat pada upaya Departemen untuk membangun arsitektur keamanan yang lebih tangguh bersama dengan Sekutu dan mitra di seluruh Indo-Pasifik dan Eropa.

"Dia juga akan bertemu dengan Menteri Pertahanan Nasional Kanada Anita Anand untuk membahas hubungan pertahanan yang erat antara AS dan Kanada dan pentingnya investasi strategis dalam kemampuan pertahanan," kata pernyataan Kemenhan AS dikutip laman website resmi tersebut, Jumat.

Setelah Kanada, Austin akan bertolak ke Jakarta, Indonesia. Ia akan bertemu dengan para pemimpin senior pemerintah dan militer Indonesia. Kunjungannya ke Jakarta terjadi saat AS dan RI bekerja untuk memetakan arah yang ambisius dalam kemitraan pertahanan.

"Kunjungan Menteri Austin akan mendorong kemajuan inisiatif bilateral utama untuk mendukung interoperabilitas, pengembangan kemampuan, dan profesionalisasi dan modernisasi Angkatan Bersenjata Indonesia," kata Kemenhan AS.

Austin akan melanjutkan perjalanan ke Kamboja. Ia akan berpartisipasi dalam Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM)-Plus ke-9, bersama sepuluh negara anggota ASEAN dan delapan mitra dialog. Di sela-sela program acara ADMM-Plus, Austin akan mengadakan keterlibatan multilateral informal dengan rekan-rekan ASEAN-nya dan bertemu dengan rekan-rekannya dari Kamboja dan berbagai negara mitra.

"Setiap keterlibatan ini akan menyoroti langkah-langkah penting yang diambil Kemenhan AS bersama Sekutu dan mitra untuk membawa stabilitas, transparansi, dan keterbukaan yang lebih besar ke kawasan Indo-Pasifik," tukas pernyataan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement