Ahad 06 Nov 2022 05:25 WIB

7 Cara Sarapan yang Buat Perut Tetap Rata

Sarapan pagi dapat membantu memulai metabolisme dan membakar kalori.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Para ahli menyarankan Anda tidak meleatkan sarapan karena sejumlah alasan kesehatan (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Para ahli menyarankan Anda tidak meleatkan sarapan karena sejumlah alasan kesehatan (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Sarapan pagi memiliki manfaat. Tubuh dan otak Anda akan terisi energi untuk bekerja di pagi hari. Jika Anda berharap untuk mencapai atau mempertahankan perut yang rata, sarapan pagi dapat membantu memulai metabolisme dan membakar kalori Anda.

Dilansir dari eat this pada Selasa (25/10/2022), studi menyarankan bahwa sarapan secara teratur dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak perut. Sebuah studi tahun 2018 dari Mayo Clinic yang didanai oleh American Heart Association dan National Institutes of Health menemukan bahwa lingkar pinggang orang dewasa yang melewatkan sarapan lebih besar daripada orang yang sarapan empat hingga tujuh hari seminggu.

Baca Juga

Berikut ini cara sarapan yang membuat perut tetap rata yaitu:

Makan dalam Waktu 30 menit Setelah Bangun

Setelah enam sampai delapan jam tidur, Anda bangun dalam keadaan berpuasa. Tubuh Anda siap untuk 'mengisi bahan bakar' kembali.

Ketika Anda tidak sarapan di pagi hari, metabolisme Anda akan melambat secara dramatis. Tubuh Anda berhenti membakar kalori karena mencoba untuk mempertahankan apa pun yang dibutuhkannya.

Idealnya, Anda harus makan dalam waktu 30 menit setelah bangun untuk mengisi kembali tubuh Anda.

Minum Air Putih

Tidak hanya tubuh Anda dalam keadaan berpuasa saat bangun tidur, tubuh juga mengalami dehidrasi. Inilah sebabnya mengapa Anda juga disarankan untuk minum segelas air segera setelah bangun tidur.

Sarapan Cukup Protein, Lemak dan Karbohidrat

Saat menyiapkan sarapan, Anda perlu memastikan bahwa makanan tersebut bernutrisi dan mencukupi kebituhan kalori. Artinya, Anda harus makan seimbang yang mencakup protein, lemak dan karbohidrat.

Kurangi Gula

Saat mencari sarapan cepat dan nyaman, kadang ada godaan untuk langsung memilih makanan manis. Jika Anda benar-benar ingin makan makanan manis, Anda bisa mengurangi lonjakan glukosa dengan memakannya bersama dengan makanan sarapan berprotein tinggi. Beberapa makanan kaya protein termasuk telur, salmon asap, burrito sarapan kacang dan yogurt.

Konsumsi Serat

Studi menunjukkan bahwa asupan serat yang tinggi membantu orang-orang untuk menurunkan berat badan. Selain membuat kenyang lebih lama, memprioritaskan asupan serat sebagai bagian dari kebiasaan sarapan rutin dapat meningkatkan peluang Anda untuk memiliki perut yang lebih rata.

 

Konsumsi Booster Pembakar Lemak

Secangkir kopi atau teh dengan sarapan Anda dapat membantu Anda membentuk perut yang rata. 

Jangan Hindari Roti Panggang atau Sereal

Di pagi hari, jangan terlalu pilih-pilih makanan, yang penting Anda makan sesuatu. Meskipun biji-bijian utuh lebih disukai karena banyak manfaat kesehatannya, bahkan roti panggang yang dibuat dengan roti putih atau sereal dingin yang dibuat dengan biji-bijian olahan lebih baik dikonsumsi di pagi hari dibandingkan tidak sama sekali.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement