Kamis 03 Nov 2022 13:21 WIB

Hapus Kerugian, MAP Kantongi Laba Rp 803,8 Miliar di Kuartal III 2022

Penjualan MAP hingga September 2022 tumbuh 79,6 persen.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Nidia Zuraya
Pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta (ilustrasi). PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) membukukan perbaikan kinerja sepanjang sembilan bulan pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Pusat perbelanjaan di kawasan Jakarta (ilustrasi). PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) membukukan perbaikan kinerja sepanjang sembilan bulan pertama 2022 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Map Aktif Adiperkasa Tbk (MAPA) membukukan perbaikan kinerja sepanjang sembilan bulan pertama tahun ini dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Melanjutkan momentum dari semester pertama, MAPA membukukan rekor untuk penjualan dan laba bersih pada kuartal ketiga 2022. 

Penjualan hingga September 2022 menunjukkan pertumbuhan sebesar 79,6 persen menjadi Rp 6,8 triliun dari Rp3,8 triliun di tahun sebelumnya. Kinerja didukung antusiasme selama periode Back to School pada bulan Juli, dan permintaan konsumen yang terus meningkat terhadap produk Sports, Kids, dan Leisure dari berbagai mitra brand pilihan.

Baca Juga

"Momentum bisnis kami berlanjut pada kuartal ketiga, kami memanfaatkan tingginya permintaan belanja dalam memasarkan produk terbaru dari para mitra brand pilihan," kata VP Investor Relations MAPA, Ratih Darmawan Gianda dalam keterangannya, dikutip Kamis (3/11/2022). 

Dari sisi bottom line, laba bersih MAPA melonjak lebih dari 50 kali lipat, karena adanya perbandingan yang lebih rendah pada tahun 2021. Laba bersih naik signifikan menjadi Rp803,8 miliar dari rugi bersih sebesar Rp14,9 miliar di tahun sebelumnya.

Penjualan dan margin laba kotor menunjukkan peningkatan signifikan yang diperkuatoleh investasi berkelanjutan perusahaan dalam program CRM dan Loyalty, untuk memastikan penargetan anggota yang lebih efektif terhadap brand tertentu.

Hal ini memperkuat hubungan pelanggan dengan brand, meningkatkan nilai transaksi rata-rata secara signifikan, serta menciptakan perputaran inventory yang lebih baik dibandingkan tahun sebelumnya. "Pemasaran langsung kepada berbagai komunitas, aktivasi digital, serta menargetkan para anggota MAP CLUB menghasilkan rekor baru untuk top-line dan bottom-line pada laporan keuangan perusahaan," ungkap Ratih.

Perusahaan menambahkan 49 gerai selama kuartal ketiga termasuk Foot Locker, Converse, Skechers, Crocs, New Balance, Kidz Station, Fit Flop dan Steve Madden. Dari total gerai baru, diantaranya termasuk 30 gerai Converse baru di Singapura dan Malaysia melalui ekspansi yang baru diumumkan pada periode ini.

Penjualan digital tumbuh hampir 16 persen selama sembilan bulan pertama 2022, meskipun mal sudah beroperasi kembali. Penjualan yang signifikan terlihat terutama pada PlanetSports.asia, KidzStation.asia, Footlocker.id dan Lineashoes.com yang baru diluncurkan.

MAPA tetap berkomitmen untuk memberikan hasil yang konsisten bagi para pemegang saham dan mitra brand di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian. "Kami berharap model ritel multi-channel perusahaan dapat mengoptimalkan potensi semua brand, dan merupakan keunikan utama yang mendorong pertumbuhan pada 2023," papar Ratih.

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement