Senin 24 Oct 2022 14:37 WIB

Prakiraan Cuaca: Hujan Lebat Berpeluang Guyur NTB Hingga Rabu

Warga NTB diminta waspada banjir dan tanah longsor.

Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022). Prakiraan Cuaca: Hujan Lebat Berpeluang Guyur NTB Hingga Rabu
Foto: Antara/Ahmad Subaidi
Awan mendung menyelimuti langit di Kota Mataram, NTB, Jumat (8/4/2022). Prakiraan Cuaca: Hujan Lebat Berpeluang Guyur NTB Hingga Rabu

IHRAM.CO.ID, PRAYA -- Hujan dengan intensitas ringan hingga lebat berpeluang mengguyur beberapa bagian wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dari Senin (24/10/2022) hingga Rabu (26/10/2022).

"Mulai hari ini sampai dengan Rabu, 26 Oktober, hujan ringan hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di sebagian wilayah NTB," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Geofisika Zaenudin Abdul Majid Lombok I Agung Angga sebagaimana dikutip dalam siaran pers, Senin.

Baca Juga

Hujan lebat yang dapat disertai kilat dan angin kencang, menurut dia, berpeluang terjadi di Kota Mataram serta Kabupaten Lombok Barat, Lombok Utara, Lombok Tengah, Lombok Timur, Sumbawa, Sumbawa Barat, Bima, dan Dompu.

Dia mengimbau warga yang tinggal di daerah-daerah yang menghadapi potensi hujan lebat disertai angin kencang mewaspadai kemungkinan terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.

Hujan lebat telah menyebabkan banjir bandang di wilayah Kabupaten Lombok Utara dan angin puting beliung menimbulkan kerusakan permukiman warga di wilayah Kabupaten Lombok Timur dan Pulau Sumbawa pada musim hujan tahun ini.

BMKG juga menyampaikan peringatan dini perihal potensi munculnya gelombang dengan tinggi sampai dua meter di Selat Lombok bagian selatan, Selat Alas bagian selatan, dan Samudra Hindia selatan Nusa Tenggara Barat.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement