Sabtu 22 Oct 2022 00:38 WIB

Baznas Sleman selenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas UMKM

Pelatihan UMKM menjadi sarana untuk menciptakan peluang pemasaran produk UMKM

Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Mustahik yang digelar Baznas  Kabupaten Sleman di Kantor Bank Sleman, Rabu (20/3).
Foto: dok. Pemkab Sleman
Pelatihan Peningkatan Kapasitas bagi Mustahik yang digelar Baznas Kabupaten Sleman di Kantor Bank Sleman, Rabu (20/3).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN--Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Bank Sleman menyelenggarakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah itu, Jumat.

Ketua Baznas Sleman Kriswanto mengatakan pelatihan peningkatan kapasitas bagi UMKM Kabupaten Sleman diikuti 48 orang. "Terdapat empat kelompok yang menerima pelatihan tersebut, yakni UMKM binaan dari Dinas Sosial Sleman, Dinas Koperasi dan UKM Sleman, Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3AP2KB) Sleman, dan binaan Baznas Sleman," katanya.

Baca Juga

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang menutup kegiatan pelatihan tersebut menyampaikan dukungan yang sama terhadap kegiatan peningkatan kapasitas tersebut.

Kustini menilai, pelatihan UMKM menjadi sarana untuk menciptakan peluang untuk mengoptimalkan pemasaran produk-produk UKM di Sleman pascapandemi Covid-19.

"Diharapkan penyelenggaraan pelatihan UMKM ini dapat dioptimalkan oleh para peserta untuk pengembangan UMKM di Sleman. Kemudian tidak hanya berhenti sampai di sini saja, tapi pelaku UMKM mengembangkan produk dengan inovasi kekinian, sehingga, semakin menaikkan nilai jual produk dan membuka peluang ekonomi lebih besar," katanya.

Ia juga mengingatkan bahwa pangsa pasar saat ini sudah didominasi oleh generasi milenial. Sehingga teknologi menjadi salah satu faktor yang mereka gunakan dalam menentukan jasa maupun produk yang akan digunakan. "Peserta pelatihan agar dapat memanfaatkan ilmu yang didapat sebaik-baiknya, agar pelaku UMKM Kabupaten Sleman dapat terus meningkat dan naik kelas," katanya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement