Jumat 14 Oct 2022 12:15 WIB

Cerita Francis Uzoho, Kiper Omonia yang Mentahkan Puluhan Peluang MU

Uzoho menepis semua tembakan MU selama 92 menit.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Penjaga gawang Omonia Francis Uzoho (kiri) bereaksi setelah timnya menerima gol pembuka pada pertandingan sepak bola grup E Liga Eropa antara Manchester United dan Omonia di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Jumat (14/10/2022).
Foto: AP/Dave Thompson
Penjaga gawang Omonia Francis Uzoho (kiri) bereaksi setelah timnya menerima gol pembuka pada pertandingan sepak bola grup E Liga Eropa antara Manchester United dan Omonia di stadion Old Trafford di Manchester, Inggris, Jumat (14/10/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Penjaga gawang Omonia Nicosia Francis Uzoho meminta Erik ten Hag untuk berfoto menyusul penampilan heroiknya dalam kekalahan tipis 0-1 dari Manchester United di Old Trafford di Liga Europa, Jumat (14/10/2022) dini hari WIB. 

Uzoho menjadi starter menggantikan Fabiano yang cedera, yang memulai pertemuan pekan lalu antara kedua klub di Siprus. Penjaga gawang asal Nigeria itu menunjukkan performa luar biasa di bawah mistar gawang dan hampir menahan imbang Manchester United sebelum gol terlambat dari Scott McTominay 

Baca Juga

Pemain internasional Nigeria, yang mewakili negaranya di Piala Dunia 2018, melakukan banyak penyelamatan luar biasa, menepis beberapa percobaan dari Marcus Rashford dan Casemiro di babak pertama, sebelum menghasilkan penyelamatan ganda yang sangat baik di awal babak kedua, dengan menggagalkan upaya dari Antony dan Rashford.

Meskipun, pada akhirnya, timnya tidak menunjukkan apa-apa untuk usahanya, tapi menjadi sebuah kebanggan besar karena bisa menahan Manchester United begitu lama. Uzoho hampir tidak bisa menghapus senyum dari wajahnya di peluit penuh waktu, begitulah kualitas penampilannya. Pemain berusia 23 tahun itu adalah penggemar United dan jelas telah membuat misinya untuk mengesankan penonton Old Trafford.

Setelah pertandingan, bos Omonia Neil Lennon membawa Uzoho bersamanya ke konferensi pers pascapertandingan dan memberikan apresiasi tentang penampilannya. Ketika mereka meninggalkan ruang konferensi pers, Ten Hag sedang menunggu di luar, mempersiapkan dirinya untuk menghadapi media yang berkumpul.

Uzoho pun memberanikan diri untuk meminta foto cepat kepada Ten Hag dan pria Belanda itu mengabulkannya. Mereka pun berjabat tangan. Mengungkap apa yang dia katakan kepadanya dalam percakapan singkat mereka, Ten Hag berkata: "Saya berkata 'bagus'. Dia memiliki banyak, banyak penyelamatan, begitu banyak gol yang jelas tidak masuk, jadi kami mempertahankannya dalam permainan,".

"Jadi performa kami pun bagus, finishing-nya yang kurang bagus malam ini. Mari berharap kami menyimpan gol untuk pekan mendatang," katanya dikutip dari Manchester Evening News, Jumat (14/10/2022).

Menyimpulkan malam yang tak terlupakan, Uzoho, mengakutidak kecewa karena timnya telah menunjukkan permainan yang bagus. "Tapi kami lebih suka mendapatkan setidaknya satu poin. Ini adalah mimpi yang terwujud untuk bermain di sini. Saya telah memimpikannya untuk waktu yang sangat lama," kata Uzoho.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement