Senin 25 Jul 2022 13:32 WIB

Ilmuwan Temukan Kerak Bumi Meleleh di Bawah Pegunungan Andes

Tetesan sangat mungkin menjadi penyebab deformasi yang diamati di Andes.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Deretan pemukiman berdinding seng di ketinggian kota La Rinconada, Pegunungan Andes, Peru.
Foto: Nacho Doce/Reuters
Deretan pemukiman berdinding seng di ketinggian kota La Rinconada, Pegunungan Andes, Peru.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Para peneliti menemukan bukti yang meyakinkan bahwa kerak bumi telah "longsor" melintasi ratusan kilometer di bawah pegunungan Andes di Amerika Selatan. Kerak Bumi tersedot oleh mantel kental.

Ilmuwan menyimpulkan hal ini dengan  membuat percobaan langsung di kotak pasir dan membandingkan hasilnya dengan data geologis yang sebenarnya. Temuan tentang tetesan Andes diterbitkan oleh para peneliti pada 28 Juni di jurnal Nature: Communications Earth & Environment. 

Baca Juga

Peristiwa yang disebut tetesan litosfer itu baru saja diidentifikasi di Bumi ini. "Kami telah mengkonfirmasi bahwa deformasi di permukaan area Pegunungan Andes memiliki sebagian besar litosfer di bawahnya yang longsor," kata mahasiswa pascasarjana geologi dan penulis utama Julia Andersen di University of Toronto di Kanada, dilansir dari Live Science.

Karena kepadatannya yang tinggi, litosfer menetes seperti sirup dingin atau madu lebih dalam ke interior planet. Hal ini kemungkinan bertanggung jawab atas dua peristiwa tektonik besar di Andes Tengah, menggeser topografi permukaan wilayah tersebut hingga ratusan kilometer. Keduanya berderak dan meregangkan kerak permukaan itu sendiri.

Penetasan litosfer adalah proses yang telah berlangsung selama jutaan tahun di banyak tempat berbeda di seluruh dunia. Peristiwa ini terjadi termasuk Great Basin Amerika Serikat bagian barat dan Dataran Tinggi Anatolia tengah Turki, meskipun para ilmuwan baru menyadarinya. 

Dataran tinggi itu sendiri dibentuk oleh zona subduksi, di mana tepi salah satu lempeng tektonik meluncur di bawah tepi lempeng yang berdekatan. Ini merusak kerak, mendorongnya ke atas dan menciptakan gunung dan fitur geologis lainnya.

Namun, ada bukti yang menunjukkan bahwa pembentukan Andes Tengah bukanlah satu proses yang panjang dan lambat,  tetapi terjadi sepanjang era Kenozoikum, periode geologis Bumi saat ini, dimulai sekitar 66 juta tahun yang lalu.

Studi sebelumnya telah menyarankan bahwa tetesan litosfer mungkin berperan, tetapi para peneliti menginginkan bukti yang lebih konkret.

Mereka merancang percobaan laboratorium di mana mereka membangun model kerak bumi dan mantel atas untuk mengamati apa yang terjadi di permukaan ketika kerak mulai menetes.

Sebuah tetes "benih" dimasukkan ke dalam lapisan mantel atas. Ini ditarik perlahan ke bawah oleh gravitasi, sebuah proses yang memakan waktu berjam-jam. Sementara itu, kamera mengamati seluruh proses, mengambil gambar resolusi tinggi setiap menit atau lebih untuk menangkap deformasi kerak.

"Kami membandingkan hasil model kami dengan studi geofisika dan geologi yang dilakukan di Andes Tengah, khususnya di Cekungan Arizaro, dan menemukan bahwa perubahan elevasi kerak yang disebabkan oleh tetesan dalam model kami melacak dengan sangat baik dengan perubahan elevasi cekungan Arizaro," jelas Anderson.

"Kami juga mengamati pemendekan kerak dengan lipatan dalam model serta depresi seperti cekungan di permukaan, jadi kami yakin bahwa tetesan sangat mungkin menjadi penyebab deformasi yang diamati di Andes."

Eksperimen juga menunjukkan cara lain di mana tetesan litosfer dapat merusak kerak bumi. Tidak semua ini diamati di Andes, menunjukkan bahwa mungkin ada wilayah lain di dunia di mana berbagai jenis tetesan dapat diamati, jika kita dapat mengidentifikasinya.

Pada gilirannya, ini juga menunjukkan bahwa proses non-subduksi mungkin memainkan peran yang lebih signifikan daripada yang kita sadari dalam membentuk permukaan planet kita.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement