Jumat 22 Jul 2022 12:44 WIB

Instagram Buat Platformnya Semakin Mirip TikTok

Video berdurasi kurang dari 15 menit akan dibagikan secara otomatis sebagai Reels

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Gita Amanda
Awal bulan ini, Instagram mulai menguji fitur baru yang mengubah video yang diposting oleh pengguna menjadi Reels.(ilustrasi)
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Awal bulan ini, Instagram mulai menguji fitur baru yang mengubah video yang diposting oleh pengguna menjadi Reels.(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Awal bulan ini, Instagram mulai menguji fitur baru yang mengubah video yang diposting oleh pengguna menjadi Reels. Tampaknya, Instagram akan memperluas fitur itu. Perusahaan mengumumkan semua video yang berdurasi kurang dari 15 menit akan dibagikan secara otomatis sebagai Reels.

Perubahan yang akan diterapkan dalam beberapa pekan mendatang, akan berdampak besar. Jika Anda memiliki profil publik, video Anda tidak hanya muncul di bagian Reels orang lain secara acak. Setelah perubahan yang dijanjikan Instagram mulai berlaku, semua video yang lebih pendek dari 15 menit yang diposting oleh akun publik akan diubah menjadi Reels.

Baca Juga

Artinya, siapa pun di seluruh dunia dapat melihatnya di tab Reels mereka terlepas dari apakah mereka mengikuti Anda atau tidak. Berdasarkan konten, algoritme rekomendasi Instagram akan menampilkan Reels Anda kepada orang-orang yang mungkin menganggapnya menarik.

Namun, jika akun Anda bersifat pribadi, video Anda tidak akan diubah menjadi Reel. Hanya orang yang mengikuti Anda yang akan melihatnya di linimasa mereka. Namun, lebih dari sekadar menonton, mereka juga dapat me-remix dan membagikannya dengan pengikut mereka sendiri, memperkuat jangkauan video asli Anda.

Dikutip Digital Trends, Jumat (22/7/2022), ada beberapa kelegaan di sini jika Anda sudah ketakutan atas ide ini. Instagram tidak akan mengubah video lama Anda menjadi Reel. Sejauh ini, Instagram hanya mengubah video yang lebih pendek dari 90 detik menjadi Reel secara default.

Ini terdengar seperti upaya putus asa untuk meningkatkan popularitas Reels dalam menghadapi persaingan panas dengan TikTok. Sisi baiknya, ada kemungkinan konten Anda menjadi viral setelah ditayangkan ke khalayak yang lebih luas. Namun, itu pada akhirnya akan menguntungkan Instagram.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement