Jumat 15 Jul 2022 14:09 WIB

Setelah Rekrut Gabriel Jesus, Arsenal Bidik Satu Lagi Pemain Man City

Arteta membutuhkan penggawa anyar untuk meningkatkan opsi pemain di posisi bek kiri.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Endro Yuwanto
Pemain Ukraina yang membela Manchester City Oleksandr Zinchenko. Chelsea dikabarkan tertarik meminang Zinchenko pada Juli 2022 ini.
Foto: EPA-EFE/ANDREW YATES
Pemain Ukraina yang membela Manchester City Oleksandr Zinchenko. Chelsea dikabarkan tertarik meminang Zinchenko pada Juli 2022 ini.

REPUBLIKA.CO.ID, ONDON -- Arsenal ternyata masih mengincar salah satu penggawa Manchester City setelah merampungkan kepindahan Gabriel Jesus. Adalah bek kiri asal Ukraina, Oleksander Zinchenko, yang telah masuk dalam radar the Gunners.

Pengalaman Mikel Arteta menjadi asisten pelatih Pep Guardiola di Man City ternyata memberikan keuntungan tersendiri buat pelatih asal Spanyol tersebut. Arteta berniat untuk bereuni dengan sejumlah penggawa the Citizens dengan mendatangkannya ke Arsenal, tim yang ditanganinya saat ini.

Baca Juga

Sebelumnya, Arsenal sudah menyelesaikan kepindahan Jesus dari the Citizens. Kabarnya, the Gunners merogoh kocek sedalam 42 juta poundsterling untuk merekrut penyerang asal Brasil tersebut. Namun, Jesus sepertinya bukan satu-satunya penggawa Man City yang masuk dalam radar the Gunners.

''Arsenal tengah berusaha untuk menyelesaikan kepindahan Oleksandr Zinchenko dari Man City. Kedua klub terus melakukan komunikasi. Man City terbuka dengan kemungkinan melepas pemain berusia 25 tahun tersebut dengan besaran biaya transfer yang tepat,'' tulis laporan The Athletic, Jumat (14/7/2022).

Apabila berhasil membujuk Man City melepas Zinchenko, maka Arsenal tinggal bernegosiasi dengan pemain yang masih terikat kontrak hingga 2024 bersama the Citizens tersebut. Arteta membutuhkan pemain anyar untuk meningkatkan opsi pemain di posisi bek kiri.

Apalagi, Arsenal sempat ditinggal Kieran Tierney pada pengujung musim lalu lantaran mengalami cedera lutut parah. Nuno Tavares, yang diplot sebagai pelapis Tierney, dinilai belum mampu memberikan penampilan meyakinkan dalam mengawal sisi kiri pertahanan the Gunners.

Akhirnya, pilihan the Gunners jatuh kepada Zinchenko. Tidak hanya itu, fleksibilitas posisi bermain Zinchenko pun dapat memberikan keuntungan tersendiri buat Arteta.

Meski kerap ditempatkan di posisi bek kiri selama memperkuat Man City, Zinchenko juga dikenal piawai dalam melakoni peran dan posisi sebagai gelandang. Di Timnas Ukraina, jebolan tim junior Shakthar Donetsk itu diketahui kerap diturunkan sebagai gelandang.

Sejak memperkuat tim utama Man City pada awal musim 2017/2018, Zinchenko telah mengemas 128 penampilan dan menyumbang dua gol di semua ajang. Torehan empat titel Liga Primer Inggris, empat trofi Piala Liga Inggris, dan satu gelar juara Piala FA menjadi persembahan Zinchenko buat the Citizens.

Di sisi lain, Man City juga dikabarkan tengah berupaya mendatangkan bek kiri anyar. Bek kiri Brighton and Hove Albion, Marc Cucurella, menjadi salah satu kandidat terkuat dalam upaya the Citizens mencari bek kiri baru.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement