Jumat 08 Jul 2022 11:20 WIB

Korea Selatan Tawarkan Wisata Berkonsep Glocal

Korea Selatan secara bertahap kembali menyambut kedatangan wisatawan.

Red: Nur Aini
Hwangnidan jadi salah satu jalanan favorit bagi wisatawan di Korea Selatan
Foto: Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta
Hwangnidan jadi salah satu jalanan favorit bagi wisatawan di Korea Selatan

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL -- Badan Promosi Pariwisata Korea Selatan (Korean Tourism Organisation / KTO) memperkenalkan konsep seru dalam berwisata ke negeri ginseng itu yang disebut dengan "Glocal", perpaduan antara global dan lokal.

Dikutip dari siaran pers pada Jumat (8/7/2022), hal itu menyusul tren yang berkembang belakangan ini di mana pelancong mengunjungi tempat-tempat yang memiliki karakteristik lokal, dan keunikan budaya suatu tempat dapat tersebar ke berbagai komunitas internasional.

Baca Juga

"Seoul memang memesona tetapi Korea Selatan juga memiliki pesona-pesona unik lainnya. Misalnya, Andong atau Gyeongju. Wisatawan dapat mengunjungi daerah-daerah tersebut untuk menikmati alam, melihat tempat bersejarah, dan melihat kehidupan masyarakat lokal lebih dekat," ujar PR & Media Manager KTO Jakarta Irma Maulida.

Konsep Glocal pun menjadi mungkin dengan berkembangnya jaringan transportasi yang akan membawa wisatawan ke berbagai daerah dengan mudah dan cepat. Ditambah lagi, ketersediaan informasi pariwisata menjadi mudah diakses melalui media dan media sosial. Korea Selatan sendiri memiliki sistem transportasi yang sangat baik, yang mencakup layanan kereta api cepat, yang dapat membawa wisatawan kemana saja dalam waktu yang singkat.

Selain itu, setiap daerah secara unik berbeda berdasarkan geologi dan cuacanya. Wisatawan akan lebih menikmati pesona budaya tradisional yang terpelihara dengan baik di setiap daerah.

Adapun beberapa wilayah yang menjadi tujuan wisata Glocal dengan keunikannya masing- masing seperti Incheon, Gangwon-do, Daejeon, Chungcheongnam-do, Chungcheongbuk-do, Daegu, Jeollabuk-do, Jeollanam-do, dan Gyeongsangnam-do.

"Kami percaya konsep wisata Glocal ini akan membawa wisatawan lebih dekat dengan kultur lokal dengan segala keunikan karakternya, dan kami yakin kunjungan wisatawan ke destinasi Glocal ini akan menjadi kunjungan yang tak terlupakan," kata Irma.

Sementara itu, pada awal tahun ini, Korea Selatan secara bertahap kembali menyambut kedatangan wisatawan. Wisatawan Indonesia pun sudah bisa mengajukan permohonan visa jangka pendek (C-3) mulai tanggal 1 Juni 2022. Korea Selatan juga mulai menerapkan bebas karantina untuk mempermudah masuknya para pelancong.

Selain itu, KTO juga melakukan kampanye "Travel to Korea Begins Again!" untuk menyambut turis. Melalui kampanye ini, KTO menyediakan berbagai informasi destinasi yang direkomendasikan, diskon dan beragam hadiah menarik dari berbagai rangkaian acara yang digelar.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement