Kamis 23 Jun 2022 16:27 WIB

Semua Planet Berbaris di Langit di Akhir Bulan Juni, Terjadi Lagi Tahun 2040

Lima planet bisa dilihat dengan mata telanjang, dua planet dengan teleskop.

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Dwi Murdaningsih
Lima planet dan bulan berjajar di langit.
Foto: starry night
Lima planet dan bulan berjajar di langit.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Bulan Juni menjadi bulan spesial bagi Anda yang menunggu dan menikmati fenomena luar angkasa, seperti parade planet. Fenomena tersebut akan menampilkan planet-planet di tata surya sejajar.

Lima planet yang dapat diamati dengan mata telanjang adalah Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus. Sementara dua planet lainnya, Uranus dan Neptunus hanya dapat diamati dengan teleskop besar. Fenomena ini sudah terjadi sejak pertengahan Juni pukul 05.00 WIB. Anda bisa melihat seluruh planet di langit tepatnya pada arah timur.

Baca Juga

Peristiwa yang sama terakhir kali terjadi pada 18 tahun lalu dan akan terjadi lagi pada tahun 2040. Dalam unggahan Instagram, Observatorium Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan barisan planet sesungguhnya tidak segaris di bidang orbit. Arah pandang dari bumi yang membuatnya tampak segaris.

Selain itu, kesegarisan planet dimanfaatkan wahana antariksa untuk berpindah dengan usaha seminimal mungkin. Jika Anda tertarik untuk mengabadikan fenomena ini, Anda perlu mengetahui beberapa tips dan trik saat memotret barisan planet.

Pertama, lokasi tempat memotret harus gelap. Lalu cakrawala timur terbuka lebar. Ini akan memperlihatkan barisan planet yang membentang di langit sekitar 80 derajat atau delapan kepalan tangan yang terentang di atas cakrawala timur.

Terakhir, perlu mengatur waktu paparan (exposure time) atau bukaan (aperture) pada kamera. Ingat, kamera tidak boleh bergerak. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggunakan tripod.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement