Jumat 17 Jun 2022 13:45 WIB

MUI Apresiasi Sikap Wamenag Soal Khilafatul Muslimin

Sikap dan pandangan Wamenag itu juga dapat menyentuh dan menggugah hati masyarakat

Rep: Muhyiddin/ Red: Agung Sasongko
Wakil Ketua Umum MUI - Anwar Abbas
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Wakil Ketua Umum MUI - Anwar Abbas

IHRAM.CO.ID, JAKARTA – Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat, Anwar Abbas mengapresiasi sikap dan pandangan Wakil Menteri Agama RI, Zainut Tauhid Saadi yang mengimbau kepada ormas-ormas di Indonesia untuk merangkul Khilafatul Muslimin.

“Sikap dan pandangan dari Zainut Tauhid Saadi Wamenag RI yang meminta ormas-ormas yang ada untuk merangkul Khilafatul Muslimin agar bisa kembali ke NKRI jelas merupakan imbauan yang sangat sejuk dan menyejukkan serta sangat arif dan bijaksana,” ujar Anwar Abbas dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Jumat (17/6).

Baca Juga

Anwar mengatakan, selama ini pendekatan dan penanganan yang digunakan lebih banyak mengedepan  pendekatan kekuasaan atau memukul, sehingga tidak jarang menimbulkan banyak luka di hati umat. Bahkan, cara-caranya terkadang sangat terlihat sadis dan berkelebihan, sehingga mengusik rasa kemanusiaan.

“Oleh karena itu saya melihat sikap dan cara yang ditawarkan oleh Wamenag RI benar-benar sangat manusiawi karena lebih mengedepankan pendekatan dialogis dan argumentatif,” ucap dia. 

Selain itu, menurut Anwar, sikap dan pandangan Wamenag itu juga dapat menyentuh dan menggugah hati masyarakat yang punya pandangan yang tidak sejalan. Dengan cara- cara seperti ini, dia pun berharap dalam waktu yang tidak terlalu lama kesadaran mereka akan pentingnya menjunjung tinggi falsafah bangsa, Pancasila dan UUD 1945 akan meningkat. 

"Sehingga rasa persatuan dan kesatuan serta rasa kebersamaan pada diri mereka dan pada diri kita sebagai warga bangsa akan tumbuh dengan semakin lebih  baik dan itu tidak mustahil bisa terjadi karena sudah banyak bukti di mana para teroris dan orang-orang yang tergolong radikal tersebut karena dibina secara baik maka mereka telah bisa berubah sesuai dengan yang kita harapkan," jelas Anwar. 

Bahkan, lanjut dia, beberapa orang tertentu dapat dilihat bahwa mereka telah bisa menjadi ujung tombak untuk menyadarkan orang-orang yang selama ini masih kehilangan kepercayaannya terhadap bangsa dan negara ini. 

"Untuk itu kerjasama yang baik antara BNPT dan ormas-ormas yang ada menjadi sesuatu yang sangat diharapkan agar tercipta ketentraman dan kedamaian yang meningkat dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara," kata Ketua PP Muhammadiyah ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement