Rabu 20 Apr 2022 13:02 WIB

Google Buat Nearby Share Bisa Berbagi File dengan Lebih Mulus

Fitur baru Nearby Share belum tersedia di Google Play.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Dwi Murdaningsih
Nearby Share
Foto: android authority
Nearby Share

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Nearby Share adalah cara Android untuk berbagi file lokal yang terinspirasi oleh fitur Air Drop Apple. Namun, ada satu gangguan ringan yaitu harus menyetujui setiap pembagian yang masuk, bahkan saat berbagi file di antara perangkat sendiri. Namun, sekarang Google sedang mengatasi masalah itu. 

Mantan Pemimpin Redaksi XDA-Developers Mishaal Rahman mengatakan telah mengungkap keberadaan mode Self Share untuk Nearby Share. Opsi ini akan memungkinkan berbagi file dengan mulus antar perangkat yang masuk ke akun Google yang sama.

Baca Juga

"Tanpa perlu menyetujui pembagian terlebih dahulu. Ini adalah cara kecil tapi nyaman dan Anda masih melihat layar persetujuan saat menerima file dari perangkat orang lain," katanya dikutip dari Android Authority pada Rabu (20/4/2022).

Fitur tersebut hadir dalam versi terbaru layanan Google Play tetapi belum tersedia untuk pengguna. Namun demikian, penggunaan layanan Google Play berarti bahwa bahkan pengguna dengan perangkat Android yang lebih lama secara teoritis memiliki akses ke fitur ini.

"Referensi ke fitur ini juga terlihat di Chromium oleh Chrome Story awal tahun ini, menunjukkan bahwa Chromebook juga akan ikut serta.  Jadi, Anda tidak perlu menyetujui berbagi file saat mentransfer file antara ponsel Android dan Chromebook," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement