Senin 18 Apr 2022 16:53 WIB

43 Persen Tiket Mudik Kereta Api Sudah Terjual

KAI siapkan total sebanyak 4,7 juta kursi untuk mudik jarak jauh dan dekat.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ilham Tirta
Petugas mengecek tiket calon penumpang kereta api sebelum jam keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (ilustrasi).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas mengecek tiket calon penumpang kereta api sebelum jam keberangkatan di Stasiun Pasar Senen, Jakarta (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI sejak 1 April 2022 sudah mulai menjual tiket kereta api (KA) jarak jauh untuk angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2022. Direktur Operasi KAI, Awan Hermawan Purwadinata mengungkapkan, penjualan tiket KA jarak jauh sudah mencapai 43 persen.

“Masih banyak juga tempat duduk yang kosong,” kata Awan dalam Webinar Mudik Aman Mudik Sehat FMB9, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Untuk jarak jauh dan dekat kita siapkan total sebanyak 4,7 juta kursi. Khusus KA jarak jauh, Awan menuturkan terdapat sebanyak 2,4 juta kursi untuk angkutan mudik Lebaran Idul Fitri 2022.

Awan menambahkan, KAI juga sudah melakukan ramp check untuk rangkaian kereta yang akan digunakan pada angkutan Lebaran tahun ini. “Kami sudah melakukan persiapan dengan kegiatan ramp check dan melakukan Posko terpadu angkutan Lebaran,” jelas Awan.

Dia memastikan, KAI menyiapkan sebanyak 355 kereta jarak jauh untuk mudik tahun ini. Tak hanya itu, Awan mengungkapkan KAI juga akan menyediakan 35 perjalanan KA tambahan dengan mengoptimalkan sarana yang tersedia.

KAI juga menghadirkan program KAI Access Ramadan Festive 2022. Masyarakat dapat membeli lebih dari enam ribu tiket kereta api dengan dengan potongan harga khusus.

KAI Access Ramadan Festive 2022 dilaksanakan pada 19-21 April 2022 untuk keberangkatan 20 April hingga 13 Mei 2022. “Promo ini hanya berlaku untuk pembelian melalui aplikasi KAI Access,” ungkap VP Public Relations KAI, Joni Martinus.

KAI memberikan diskon tiket hingga 60 persen untuk empat ribu tiket KA ke berbagai tujuan. Rute yang mendapatkan promo antara lain Semarang ke Jakarta dari Rp 330 ribu menjadi Rp 132 ribu, rute Surabaya ke Jakarta dari Rp 540 ribu menjadi Rp 216 ribu, rute Solo ke Bandung dari Rp 360 ribu menjadi Rp 144 ribu, dan berbagai rute lainnya.

Selain itu, KAI juga menghadirkan Flash Sale Tiket hanya Rp 75 ribu untuk sejumlah kereta api dengan total 2.700 tiket yang disediakan. Flash Sale dibuka pukul 17.00 WIB hingga 18.00 WIB pada 19-21 April 2022.

Joni mengatakan, Access Ramadan Festive dihadirkan untuk mengajak masyarakat naik kereta api pada masa mudik lebaran ini. “Kelebihan naik kereta api adalah bebas macet, aman, nyaman, dan sehat. Hal tersebut dikarenakan KAI selalu memastikan perjalanan KA menerapkan protokol kesehatan sesuai aturan yang ditetapkan pemerintah di masa pandemi Covid-19 serta perjalanan KA sudah terjadwal dengan efektif," jelas Joni

Joni menambahkan, promo tersebut juga ditujukan agar masyarakat dapat bepergian pada tanggal dan rute alternatif pada masa angkutan Lebaran tahun ini. Secara umum tiket Angkutan Lebaran 2022 masih tersedia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement