Kamis 14 Apr 2022 09:10 WIB

Rekor di Liga Champions, Liverpool Kini Samai Torehan Manchester United, Apa Saja?

Klopp sudah menyamai rekor milik dua pelatih legendaris asal Jerman.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Roberto Firmino (kanan) melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Benfica di Anfield, Kamis (14/4/2022).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Roberto Firmino (kanan) melakukan selebrasi seusai menjebol gawang Benfica di Anfield, Kamis (14/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Liverpool menjadi satu dari dua tim asal Inggris yang masih bertahan di Liga Primer Inggris musim ini. The Reds mengikuti jejak Manchester City, yang lebih dulu mengamankan satu tempat di babak semifinal Liga Champions. 

The Reds memastikan diri menjadi salah satu dari empat tim terbaik di Eropa saat ini usai menyingkirkan Benfica di babak perempat final Liga Champions. Tim besutan Jurgen Klopp untuk mencatatkan keunggulan agregat, 6-4, atas klub asal Portugal tersebut. Sukses mencuri kemenangan, 3-1, kala melawat ke markas Benfica di laga leg pertama, The Reds ditahan imbang O Glorioso, 3-3, di Stadion Anfield pada partai leg kedua, Kamis (14/4/2022) dini hari WIB. 

Baca Juga

Meski gagal membungkam tamunya tersebut, Liverpool tetap dipastikan melangkah ke babak semifinal Liga Champions. Berbagai rekor anyar pun mengiringi langkah The Reds menuju babak semifinal. Rekor-rekor baru ini juga tidak hanya dipecahkan oleh Liverpool, tapi juga sejumlah pemain di masing-masing tim. 

Berikut rekor baru dan data serta fakta yang tercatat pasca laga Liverpool kontra Benfica berdasarkan lansiran laman resmi UEFA dan Opta

 

12 -- Musim ini menjadi kali ke-12 Liverpool tampil di babak semifinal Liga Champions ataupun saat turnamen itu masih bernama Piala Eropa. Untuk rekor ini, Liverpool berbagi tempat dengan Manchester United. Dua tim tersebut menjadi dua tim asal Inggris yang paling sering melangkah ke babak semifinal Liga Champions. 

 

9 -- Dari 11 kesempatan terakhir tampil di babak semifinal Liga Champions/Piala Eropa, Liverpool berhasil meraih kemenangan di sembilan kesempatan. 

 

4 -- Pelatih asal Jerman, Jurgen Kloppp, tercatat empat kali membawa tim yang ditanganinya melangkah ke Liga Champions. Tiga kesempatan ditorehkan Liverpool kala menangani The Reds, sementara sisanya saat Klopp membesut Borussia Dortmund. Catatan ini membawa Klopp menyamai rekor milik dua pelatih legendaris asal Jerman, Jupp Heynckes dan Ottmar Hitzfield. 

 

20 -- Dengan tambahan dua gol di laga ini, Roberto Firmino sudah mengoleksi 20 gol bersama Liverpool di pentas Liga Champions. Firmino menjadi pemain keempat Liverpool yang menorehkan rekor ini, setelah Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Steven Gerrard. 

 

6 -- Penyerang muda asal Uruguay, Darwin Nunez, berhasil mencetak enam gol di sepanjang partisipasi di pentas Liga Champions musim ini. Torehan gol ini membawa Nunez memecahkan rekor milik Nuno Gomes, yang mencetak lima gol pada musim 1998/1999, sebagai pencetak gol terbanyak Benfica di satu musim kompetisi Liga Champions. 

 

36 -- Dalam usia 36 tahun dan 99 hari, James Milner menjadi pemain asal Inggris tertua yang tampil sebagai starter di fase gugur Liga Champions setelah David Beckham pada musim 2012/2013 saat memperkuat PSG menghadapi Barcelona di babak perempat final.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement