Rabu 13 Apr 2022 04:13 WIB

7 Artis Non Muslim Ikut Puasa Ramadhan, Nomor 4 Pernah Wakaf Alquran

7 Artis Non Muslim Ikut Puasa Ramadhan, Nomor 4 Pernah Wakaf Alquran

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Amanda Manopo
Amanda Manopo

VIVA – Ada beberapa artis non muslim ikut puasa Ramadhan sebagai salah satu cara untuk menghormati rekan kerja dan menjunjung rasa toleransi antar umat beragama. Maka dari itu, tidak heran bila saat bulan Ramadhan beberapa artis non muslim juga turut melaksanakan dan menghormati rekan-rekan lainnya yang sedang melaksanakan ibadah puasa di lokasi syuting. Beberapa dari mereka justru malah ikut melaksanakan ibadah puasa. 

Padahal sebetulnya bila mereka tidak ikut melaksanakan puasa juga tidak masalah, karena bukan sebagai kewajiban mereka. Namun di sisi lain, umat muslim juga tetap menghormati yang tidak melaksanakan puasa. Tapi bila ikut berpuasa Ramadhan atas pilihan sendiri juga tidak masalah, yang terpenting bukan karena terpaksa. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ulasan tentang artis non muslim ikut puasa Ramadhan yang disadur dari berbagai sumber. 

1. Amanda Manopo

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa mantan pacar Billy Syahputra ini hingga sekarang masih sibuk dengan sinetron idola masyarakat Tanah Air, Ikatan Cinta. Syuting sinetron stripping ini dapat memakan waktu hingga seharian. Maka dari itu, Amanda juga berinisiatif untuk berpuasa Ramadan, menghormati teman-teman di lokasi. Ia juga senang berbagi makanan untuk sesama artis di lokasi. Berkah untuk semuanya saat berbuka puasa. 

2. Brisia Jodie

Penyanyi yang berasal dari Yogyakarta ini juga pernah memiliki seorang pacar yang beragama Islam. Jadi, bukan sebuah hal yang baru untuknya dalam melaksanakan puasa Ramadhan. Bahkan, artis non muslim ikut puasa Ramadhan ini senang bila ikut puasa bersama sehingga suasananya hangat dan meriah. 

3. Haruka

Mantan member JKT48 yang dikenal dengan keceriaan dan kepolosannya tapi galak ini juga pernah mengikuti puasa Ramadhan. Bekerja di lingkungan yang mayoritas beragama Islam membuat artis non muslim ikut puasa Ramadhan selalu mengucapkan selama kepada umat Islam yang tengah melaksanakan puasa. 

4. Bertrand Antolin

Bertrand Antolin kerap menunjukkan rasa toleransi kepada umat berbagai agama. Walaupun menganut agama Kristen, ia mengaku begitu akrab dengan lingkungan penganut agama muslim dan beberapa anggota keluarganya yang menganut agama Buddha. 

Ketika bulan Ramadhan tiba, Bertrand beberapa kali ikut melaksanakan puasa. Tidak hanya itu saja, Bertrand juga ikut andil dalam menyiapkan menu sahur dan berbuka puasa untuk teman-temannya yang muslim. Tidak hanya ikut berpuasa, Bertrand juga pernah mewakafkan ribuan Al Quran. 

5. Ruben Onsu

Artis non muslim ikut puasa Ramadhan berikutnya adalah Ruben Onsu. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir setiap hari Ruben bekerja di program televisi dan syuting bersama teman-teman yang beragama Islam, ia pun ikut berpuasa sebagai bentuk menghargai umat Islam. Ketika berbuka, ia juga ikut merayakannya dengan makan bersama yang lain. 

6. Cinta Brian

Artis non muslim ikut puasa Ramadhan selanjutnya datang dari aktor tampan Tanah Air yang bernama Cinta Brian. Pemain sinetron Buku Harian Seorang Istri juga ikut berpuasa karena hampir semua lawan mainnya melaksanakan ibadah tersebut. 

7. Angel Pieters

Angel Pieters mengaku menghargai umat Islam yang melaksanakan ibadah puasa sehingga ia ikut melaksanakan ibadah tersebut. Bedanya, Angel melakukan sahur di pagi hari, bukan sahur sebelum azan subuh. Angel kemudian berbuka puasa saat waktu buka atau azan maghrib tiba. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement