Sabtu 02 Apr 2022 14:16 WIB

Di Tengah Kebuntuan Gas, Rusia dan Eropa Sama-Sama Kalah

Menghentikan gas ke Eropa sama seperti Rusia menembak kepala sendiri.

Operator bekerja di kilang regasifikasi Enagas, kilang LNG terbesar di Eropa, di Barcelona, Spanyol, Selasa, 29 Maret 2022. Pada Kamis (31/3/2022), Moskow memutuskan bahwa pembeli asing gas Rusia harus membuka rekening rubel di Gazprombank yang dikelola negara mulai Jumat atau berisiko terputus.
Foto: AP Photo/Emilio Morenatti
Operator bekerja di kilang regasifikasi Enagas, kilang LNG terbesar di Eropa, di Barcelona, Spanyol, Selasa, 29 Maret 2022. Pada Kamis (31/3/2022), Moskow memutuskan bahwa pembeli asing gas Rusia harus membuka rekening rubel di Gazprombank yang dikelola negara mulai Jumat atau berisiko terputus.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Eropa dan Rusia akan sama-sama mengalami kerugian besar jika Presiden Vladimir Putin menindaklanjuti ancamannya untuk memotong pasokan gas ke negara-negara yang dinilainya "tidak bersahabat" kecuali mereka membayar dalam rubel. Bahkan pada puncak Perang Dingin, Moskow tidak pernah memotong gas ke Eropa

Pada Kamis (31/3/2022), Putin menandatangani dekrit yang memerintahkan pembeli asing untuk membayar dalam rubel, bukan euro mulai 1 April. Jika tidak, Rusia akan menyetop pengiriman gas.

Baca Juga

Negara anggota Uni Eropa menolak ultimatum tersebut. Pada hari Jumat (1/4/2022), juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan itu tidak akan mempengaruhi pemukiman sampai akhir bulan ini.

Meskipun ancaman kekurangan datang setelah permintaan puncak musim dingin Eropa, Eropa masih memiliki banyak kerugian ketika bisnis dan rumah tangganya sudah terhuyung-huyung akibat rekor harga energi. Sementara, Moskow dapat memotong salah satu sumber pendapatan utamanya.

Rusia mengekspor sekitar 155 miliar meter kubik gas (bcm) ke Eropa tahun lalu. Rusia menyediakan lebih dari sepertiga pasokan gas Eropa.

Tanpa itu, Eropa harus membeli lebih banyak gas di pasar spot di mana harga sudah sekitar 500 persen lebih tinggi dari tahun lalu.

Jerman dan Austria, keduanya sangat bergantung pada gas Rusia. Keduanya telah mengaktifkan rencana darurat yang mencakup penjatahan jika perlu. Negara-negara Eropa lainnya memiliki rencana serupa.

photo
FILE - Seorang pekerja di pompa gas Ukraina Volovets di Ukraina barat Rabu, 7 Oktober 2015. Kekhawatiran meningkat tentang apa yang akan terjadi pada pasokan energi Eropa jika Rusia menyerang Ukraina dan kemudian mematikan gas alamnya sebagai pembalasan atas AS dan sanksi Eropa. Operator pipa telah mengatakan kepada komisi eksekutif Uni Eropa bahwa jika ada musim dingin, perusahaan gas benua itu perlu mengimpor lebih banyak daripada yang mereka miliki di masa lalu. - (AP/Pavlo Palamarchuk)

"Keengganan pembeli untuk mematuhi pesanan (Putin) berisiko menangguhkan pasokan. Baik pembeli dan Gazprom akan menghadapi kerugian sebagai akibatnya," kata Dmitry Polevoy, analis di pialang Locko-Invest yang berbasis di Moskow.

Negara-negara Eropa harus bersaing dengan Asia untuk menarik tambahan gas alam cair (LNG) dari Qatar atau Amerika Serikat. Bahkan negara Eropa harus bersaing di antara mereka sendiri untuk pasokan pipa alternatif dari tempat-tempat seperti Norwegia dan Aljazair.

Eksportir LNG AS telah muncul sebagai pemenang besar dari krisis pasokan Eropa. Sementara Norwegia juga diuntungkan.

Yunani mengatakan pada Jumat masalah pasokan gas Rusia dapat diatasi jika tersedia cukup banyak gas di pasar dunia.

Pekan lalu, Amerika Serikat mengatakan akan bekerja untuk memasok 15 bcm LNG ke Uni Eropa tahun ini. Akan tetapi, ini tidak akan sepenuhnya menggantikan apa yang dikirim Rusia ke Eropa melalui pipa.

Selain mencoba untuk mendapatkan lebih banyak di pasar gas global yang sudah membentang, beberapa negara Eropa juga mengatakan mereka harus menggunakan lebih banyak batu bara. Ini berpotensi memperpanjang umur pembangkit nuklir dan meningkatkan output energi terbarukan.

"Gangguan aliran gas alam Rusia menuju Eropa tetap menjadi risiko. Eropa memiliki lebih banyak pilihan untuk pasokan alternatif, dan dengan permintaan musiman yang rendah untuk beberapa bulan mendatang, tidak ada risiko kehabisan pasokan tahun ini," kata Norbert Rücker dari bank swasta Julius Baer Swiss.

Tetapi risiko itu akan meningkat menjelang bulan-bulan musim dingin ketika permintaan gas biasanya meningkat.

Gas di penyimpanan Eropa mungkin cukup untuk musim semi dan musim panas tanpa pembatasan permintaan. Akan tetapi Eropa akan mengambil risiko memasuki musim dingin dengan hanya sekitar 10 persen gas yang tersimpan pada akhir Oktober tanpa beberapa tindakan konservasi energi, kata Kateryna Filippenko, analis utama di Wood Mackenzie.

Untuk menarik lebih banyak LNG dari tempat lain, harga gas grosir Eropa harus tetap lebih tinggi dari harga patokan LNG Asia. Harga gas yang meroket telah merugikan konsumen dan industri. Pemerintah telah menghabiskan miliaran euro untuk langkah-langkah perlindungan.

"Kami harus menyadari bahwa perusahaan yang telah menandatangani kontrak jangka panjang dengan Gazprom menerima gas dengan harga yang jauh lebih rendah daripada yang harus kami bayar di pasar LNG. Jadi akan ada dampak pada harga energi kami," kata komisaris energi UE Kadri Simson kepada anggota parlemen Uni Eropa bulan lalu.

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement