Senin 28 Mar 2022 22:47 WIB

Tampar Chris Rock, Piala Oscar Will Smith Bisa Ditarik?

Tampar Chris Rock, Piala Oscar Will Smith Bisa Ditarik?

Rep: viva.co.id/ Red: viva.co.id
Will Smith di Oscar 2022.
Will Smith di Oscar 2022.

VIVA – Sorotan pasca gelaran Oscar 2022 seharusnya fokus pada para pemenang dan kontribusi mereka terhadap dunia film. Meskipun mereka tetap akan menjadi bagian dari sejarah pembuatan film, tapi bagaimanapun, prestasi mereka tertutup oleh insiden antara Will Smith dan Chris Rock.

Will Smith tersulut amarah saat Chris Rock melontarkan candaan mengenai kepala plontos istrinya, Jada Pinkett Smith. Rock menyinggung bahwa Jada sedang bersiap-siap untuk sekuel film G.I. Jane, di mana pemeran utama wanitanya berkepala botak.

Jada Pinkett Smith kehilangan rambutnya karena menderita alopecia. Merasa tak terima, Will langsung menghampiri presenter Oscar itu ke panggung lalu menamparnya dengan keras. Smith juga berteriak dari arah penonton agar Rock menutup mulut dan tidak menyebut nama istrinya.

Usai insiden itu, Will Smith diumumkan sebagai pemenang Aktor Terbaik Oscar 2022. Namun, yang menjadi pertanyaan banyak orang adalah, apakah piala kemenangan Will Smith bisa ditarik kembali karena tindakannya di panggung Academy Awards itu.

Apakah Will Smith melanggar kode etik Oscar?

Meskipun tidak ada komentar remi terkait tindakan seperti ini yang diberikan oleh Academy, kita bisa melihat pada kode etiknya untuk beberapa panduan. Untuk hal ini, kita perlu kembali ke tahun 2017, saat organisasi itu membuat pendirian tegas terhadap pelanggaran setelah skandal kekerasan seksual di industri itu.

"Keanggotaan Academy adalah hak istimewa yang diberikan hanya kepada beberapa orang terpilih dalam komunitas pembuat film global," tulis AMPAS CEO Dawn Hudson kepada para anggota melalui Variety.

"Selain mencapai keunggulan di dalam bidang seni dan ilmu pengetahuan film, para anggota juga harus berperilaku etis dengan menjunjung nilai-nilai penghormatan terhadap harga diri manusia, inklusi dan lingkungan yang suportif yang menumbuhkan kreativitas," lanjutnya dikutip laman AS.

"Tidak ada tempat di dalam Academy bagi orang-orang yang menyalahgunakan status, kekuasaan atau pengaruh mereka dengan cara yang melanggar standar kesopanan yang diakui. Academy secara kategoris menentang bentuk kekerasan, pelecehan atau diskriminasi apapun dalam basis gender, orientasi seksual, ras, etnis, disabilitas, usia, agama atau kewarganegaraan. Dewan Gubernur percaya bahwa standar ini penting bagi misi Academy dan mencerminkan nilai-nilai kami."

Apa artinya itu bagi Will Smith adalah kita harus menunggu. Harvey Weinstein dan predator seksual lainnya telah dicoret dari keanggotaan di dalam Academy untuk keluhan yang jauh lebih serius, tapi saat ini tidak aturan yang diberlakukan yang membuat kemungkinan kemenangan Oscar diabut setelah diberikan.

Ini adalah kemenangan perdana Will Smith di Oscar, dan dia sudah menyinggung mengenai insiden itu dalam pidatonya.

"Aku ingin meminta maaf kepada Academy dan rekan-rekan nominee. Ini adalah momen indah dan aku tidak menangis karena menang penghargaan," katanya dalam pidato.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan viva.co.id. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab viva.co.id.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement