Senin 28 Mar 2022 14:28 WIB

Gagasan 'Kampus Birrul Walidain' Antar Rektor Unissula Raih PWI Jateng Award

Terdapat 15 tokoh dan tiga korporasi yang mendapatkan penghargaan.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq
Rektor Unissula Semarang, Prof Dr Gunarto.
Foto: Republika/Bowo Pribadi
Rektor Unissula Semarang, Prof Dr Gunarto.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Gagasan pengembangan pendidikan karakter unggul 'Kampus Birrul Walidain' antar Rektor Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang, Prof Gunarto, mendapatkan penghargaan PWI Jateng Award 2022.

Budaya akademik 'Kampus Birrul Walidain' merupakan sebuah gagasan tentang pendidikan karakter unggul untuk mendorong para mahasiswa, dosen, dan segenap karyawan Unissula untuk senantiasa meningkatkan kebaktian kepada ibu dan ayah (orang tua) masing-masing.

Dikonfirmasi perihal penghargaan yang diterimanya, Prof Gunarto mengungkapkan, mahasiswa bukan hanya dididik untuk menjadi manusia unggul dan kompeten dalam pekerjaan. Namun juga memiliki kesadaran dan tanggung jawab moral untuk berbakti kepada kedua orang tua.

Pun demikian juga dengan para dosen dan segenap karyawan di kampus Unissula, semuanya harus bisa memberikan tauladan serta implementasi dalam berbakti kepada kedua orang tua masing- masing.

Menurut Rektor Unissula, nilai-nilai seperti itu semakin terkikis akhir-akhir ini seiring dengan perkembangan dunia yang sangat drastis. "Oleh karenanya menjadi penting bagi universitas untuk selalu mengingatkan etika menghormati dan berbakti kepada orang tua," tegasnya.

Penghargaan PWI Jateng Award 2022 menjadi salah satu rangkaian dari perayaan Hari Pers Nasional (HPN), serta sebagai apresiasi atas prestasi, kontribusi, dan rekam jejak mereka dalam pembangunan di Jateng melalui profesi dan peran tanggung jawab sosial yang dijalankan para tokoh dan korporasi tersebut.

Penghargaan untuk Rektor Unissula diserahkan langsung oleh Ketua PWI Jateng, Amir Machmud NS, bertempat di Gedung Gradika Bakti Praja, kompleks Kantor Gubernur Jateng, akhir pekan kemarin.

Selain Rektor Unissula terdapat 15 tokoh dan tiga korporasi yang mendapatkan penghargaan dalam acara PWI Jateng award 2022 kali ini. Para penerima penghargaan itu antara lain adalah Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.

Selain itu, politisi senior Partai Golkar asal Pati, Firman Soebagyo, dan politisi PDIP Dewi Aryani, Idza Priyanti (Bupati Brebes), Mukti Agung Wibowo (Bupati Pemalang), Dedy Yon Supriyono (Wali Kota Tegal), Hevearita G. Rahayu (Wakil Wali Kota Semarang), dan Zainal Arifin (Bupati Magelang).

Penghargaan juga diberikan pada Rektor USM, Dr Supari Priambodo, Rektor Universitas Pancasakti Tegal Dr Taufiqulloh, Ketua DPRD Kabupaten Tegal, Moch Faiq, Dandim 0733/Kota Semarang Letkol Inf Honi Havana.

Diberikan pula kepada Direktur PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk, Irwan Hidayat, Direktur Utama Bank Jateng, Supriyanti, serta Dirut PT Nisajana Hasna Rizqy, Tegal, Hj Khurotul Jannah.

Sedangkan tiga korporasi yang dianugerahi penghargaan, yakni PT Semen Gresik (Persero), PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah, dan ExxonMobil Cepu Limited (EMCL).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement