Jumat 18 Mar 2022 20:55 WIB

Cara Buat NFT dengan Mudah tanpa Ribet

NFT adalah aset dalam bentuk digital yang mewakili aset di dunia nyata.

NFT design harimau khas imlek. (ilustrasi). NFT adalah aset dalam bentuk digital yang mewakili aset di dunia nyata.
Foto: Dok. Tok
NFT design harimau khas imlek. (ilustrasi). NFT adalah aset dalam bentuk digital yang mewakili aset di dunia nyata.

REPUBLIKA.CO.ID, Non Fungible Token atau yang biasa dikenal dengan nama NFT merupakan salah satu aset digital yang sedang marak dibicarakan oleh banyak orang karena popularitasnya yang sedang tinggi. Sehingga, banyak orang penasaran bagaimana cara buat NFT.

Sederhananya, NFT adalah aset dalam bentuk digital yang mewakili aset di dunia nyata. NFT merupakan sertifikat dari koleksi produk digital seperti video, foto, atau produk digital lainnya. Cara membuatnya cukup mudah, Anda hanya memerlukan karya seni yang harus dibuat terlebih dahulu.

Berikut cara membuat NFT dengan mudah

NFT bertujuan dalam memberikan tanda kepemilikan dari sebuah produk digital. Anda dapat melihat perbedaan mana pemilik produk yang asli dan mana yang menjualnya dalam bentuk NFT. Cara buat NFT cukup mudah, berikut panduan membuatnya:

1. Pilih item yang ingin dijadikan NFT

Ini merupakan langkah pertama yang harus Anda lakukan jika ingin membuat aset NFT sendiri. Anda harus menemukan aset yang layak untuk dijadikan produk NFT. Anda bisa membuat NFT dari foto, video game, GIF, lukisan buatan sendiri, atau aset unik lainnya.

Anda harus memastikan jika aset yang diunggah mempunyai hak kekayaan yang intelektual secara pribadi sebelum diubah menjadi item NFT, sehingga produk Anda tidak terkena permasalahan legalitas hukum.

2. Tentukan blockchain sesuai keinginan

Cara buat NFT selanjutnya adalah Anda harus menentukan blockchain yang sesuai. Blockchain sendiri merupakan sebuah tempat penyimpanan data digital yang menjadi dasar mata uang berbentuk kripto seperti ethereum, bitcoin, dan jenis kripto lainnya.

Sebagai informasi, para kreator NFT banyak menggunakan ethereum sebagai blockchain mereka karena harganya dianggap sangat stabil serta mendukung marketplace NFT itu sendiri.

3. Tentukan dompet kripto

Hal ini tidak kalah penting sebelum Anda membuat produk NFT sendiri. Anda harus sudah mempunyai dompet kripto. Semua transaksi pembayaran kripto hanya bisa dilakukan dari dompet kripto yang sama, sehingga Anda bisa menukarnya ke mata uang baru.

Anda bisa menentukan jenis dompet kripto sesuai keinginan. Ada berbagai macam jenis seperti AlphaWallet, Coinbase Wallet, Math Wallet, Metamask, serta Trust Wallet.

4. Pilih pasar NFT

Bagian ini merupakan hal terpenting sebelum Anda membuat NFT sendiri. Pasar NFT merupakan sebuah tempat yang dibuat khusus untuk menjual aset digital yang telah dibuat. Pasar NFT tidak jauh berbeda dengan situs e-commerce lainnya.

Pasar NFT fokus pada jual beli produk NFT oleh investor kripto. Para kreator NFT biasanya menggunakan situs-situs seperti Opensea, TokoMall, dan Rarible.

5. Unggah aset dan atur harga

Setelah Anda memiliki aset, blockchain, dompet kripto NFT, dan memilih pasar NFT, selanjutnya adalah mendaftar dan mengunggah aset Anda ke pasar NFT. Seluruh produk NFT yang diunggah bentuknya akan berubah menjadi aset digital.

Cara buat NFT agar menghasilkan cuan

Setelah Anda berhasil mengunggah aset ke pasar NFT, Anda masih harus melakukan beberapa hal penting untuk bisa mendapatkan bayaran.

1. Tentukan harga yang kompetitif

Setelah aset digital berhasil Anda unggah, Anda perlu mengatur harga yang terjangkau tapi masih kompetitif dengan aset milik orang lain. Hal ini bertujuan untuk memikat calon pembeli.

2. Mengatur batasan waktu lelang

Anda perlu membuat batas waktu untuk melelang, sehingga para calon pembeli akan mempunyai target untuk mengikuti penawaran aset yang Anda buka.

3. Melelang tanpa batasan waktu

Anda juga bisa membuat lelang terhadap aset NFT Anda tanpa batasan waktu. Sehingga dengan demikian, Anda juga memiliki kebebasan menutup pelelangan kapanpun yang Anda inginkan.

Demikian cara buat NFT yang bisa dilakukan bagi Anda yang ingin mulai menjadi kreator NFT. Produk yang semakin unik dan menarik akan semakin digemari oleh calon pembeli, sehingga mereka akan menjadikan aset NFT Anda langganan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement