Senin 14 Mar 2022 13:01 WIB

Taipan-Taipan Rusia Alihkan Saham ke Istri dan Karyawan!

Taipan-taipan Rusia secara diam-diam telah mengalihkan saham mereka dan menstranfernya ke istri atau bahkan karyawannya.

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Alexey Mordashov, konglomerat baja Rusia. (REUTERS/Grogiry Dukor)
Alexey Mordashov, konglomerat baja Rusia. (REUTERS/Grogiry Dukor)

Taipan-taipan Rusia secara diam-diam telah mengalihkan saham mereka dan menstranfernya ke istri atau bahkan karyawannya. Hal ini mereka lakukan untuk menghindari sanksi dari Barat.

Taipan yang disebut oligarki Rusia itu seakan sudah antisipasi mengalihkan saham mereka dengan memberikan ke anggota keluarga, bahkan karyawan sebelum sanksi Barat diberlakukan secara efektif pada 28 Februari 2022.

Melansir Bloomberg di Jakarta, Senin (14/3/22) sebagaimana diketahui, Barat, termasuk AS, Uni Eropa dan Inggris, telah menjatuhkan sanksi pembekuan aset dan rekening perbankan terhadap oligarki Rusia.

Baca Juga: Orang Terkaya Rusia ke Putin: Penyitaan Aset Akan Membawa Kita Kembali ke 1917

Hal tersebut dilakukan sebagai bentuk tekanan kepada Presiden Vladimir Putin atas invasi militer ke Ukraina. Adapun aset yang telah ditargetkan adalah kapal pesir mewah, real estate, dan klub olahraga.

Tetapi, kebijakan-kebijakan tersebut telah kalah langkah dari para oligarki Rusia yang mengalihkan aset secara diam-diam. Salah satunya yang telah mengalihkan saham adalah Alexei Mordashov. Saham senilai USD1,1 miliar (Rp15,7 triliun) di perusahaan pertambangannya, Nordgold, telah ditransfer kepada sang istri, Marina Mordashov, tepat di hari sanksi Barat terhadapnya diumumkan.

Tak hanya itu, Mordashov juga ketahuan mengalihkan sebagian sahamnya senilai USD1,7 miliar (Rp24,3 triliun) di TUI AG, perusahaan induk Siprus, ke perusahaan yang tergabung dalam British Virgin Islands.

Selain Mordashov, rekannya sesama miliarder Mikhail Fridman juga melakukan hal serupa. Fridman  telah mengalihkan saham ke tiga perusahaan di Inggris, di mana dia tidak dikenai sanksi.  Ia juga mentransfer saham ke mantan karyawan LetterOne, perusahaan investasi miliknya.

Ada juga miliarder Vadim Moshkovich yang memangkas sahamnya di pertanian Ros Agro Plc menjadi di bawah 50 persen sebelum sanksi Barat berlaku efektif. Andrey Melnichenko, miliarder lainnya juga mengundurkan diri sebagai penerima manfaat dari sekitar USD17 miliar (Rp243 triliun) sahamnya di produsen pupuk, EuroChem, dan pemasok batubara termal, Suek, pada 9 Maret 2022, tepat di hari dia dikenai sanksi Barat.

Hingga hari ini, pemerintah AS telah bekerja sama dengan Office of Foreign Assets Control (OFAC) untuk mendeteksi akun dan perusahaan yang terhubung dengan para oligarki Rusia yang kena sanksi lantaran memiliki kedekatan dengan Presiden Putin. 

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement