Jumat 11 Mar 2022 01:11 WIB

Wajah Bengkak Bisa Jadi Pertanda Beberapa Jenis Kanker

Wajah bengkak atau edema wajah bisa menjadi penyebab berbagai hal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Wajah bengkak atau edema wajah bisa menjadi penyebab berbagai hal.
Foto: www.freepik.com.
Wajah bengkak atau edema wajah bisa menjadi penyebab berbagai hal.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kondisi bengkak pada wajah atau edema wajah bisa disebabkan oleh berbagai hal. Sebagian penyebab di antaranya adalah beberapa jenis kanker

Edema wajah terjadi ketika cairan menumpuk di jaringan wajah. Kondisi ini lalu memicu terjadinya inflamasi dan pembengkakan.

Baca Juga

Edema wajah pada dasarnya bisa disebabkan oleh hal-hal yang jinak atau tak berhubungan dengan kanker. Namun terkadang, edema wajah bisa menjadi gejala dari kanker paru dan limfoma non Hodgkin.

Pada kanker paru, tumor yang terbentuk bisa menghambat aliran darah di satu pembuluh darah penting yang bernama superior vena cava. Pembuluh darah ini berperan dalam menghantarkan darah dari kepala, bagian dada atas, leher, dan lengan menuju jantung.

Ketika pembuluh darah superior vena cava tersumbat, kondisi tersebut dikenal sebagai superior vena cava syndrome (SVCS). Kondisi ini dapat memicu bengkak di area wajah. Menurut studi kasus pada 2018, SVCS paling sering disebabkan oleh benjolan atau tumor kanker yang berada di area tulang dada, thoracic vertebrae pada tulang belakang, dan tulang rusuk.

"Di mana 95 persennya disebabkan oleh kanker paru atau limfoma non Hodgkin," ungkap tim peneliti, seperti dilansir BestLife, Kamis (10/3/2022).

Meski SVCS sering disebabkan oleh kanker paru atau limfoma non Hodgkin, beberapa jenis kanker lain juga bisa memicu sindrom tersebut bila sudah memasuki tahap metastasis atau menyebar. Sebagian di antaranya adalah kanker payudara, kanker tiroid, melanoma, dan leukemia.

Pembengkakan pada wajah yang dipicu oleh SVCS memiliki ciri khas. Salah satunya adalah gejala terasa memburuk ketika tubuh berbaring untuk waktu yang cukup lama. Perburukan ini terjadi karena ada tekanan lebih yang terjadi pada superior vena cava ketika tubuh berbaring atau mengangkat lengan ke atas kepala.

SVCS juga bisa disertai dengan beberapa gejala lain. Gejala tersebut meliputi sesak napas, batuk dengan atau tanpa darah, suara serak, nyeri dada, kesulitan menelan, sindrom horner, sakit kepala, perasaan seperti akan pingsan, bengkak pada tangan, atau kebingungan

Tentu, tidak semua bengkak di area wajah berkaitan dengan SVCS dan kanker. Bengkak pada wajah juga bisa disebabkan masalah lain seperti alergi, preeklampsia, angioedema, infeksi bakteri, cedera, sinusitis, atau gangguan hormon

Keluhan bengkak pada wajah sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter, terlebih bila bengkak terjadi secara tiba-tiba. Bengkak pada wajah yang terjadi tiba-tiba bisa jadi pertanda anafilaksis, sebuah reaksi alergi yang mengancam jiwa

Anafilaksis umumnya diikuti dengan beberapa gejala lain seperti kulit gatal, kesulitan bernapas, tekanan darah rendah, hingga detak jantung yang cepat. Dalam sebagian kasus, anafilaksis bahkan bisa disertai dengan mual, muntah, diare, nyeri perut, atau bengkak di area tubuh lain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement