Senin 07 Mar 2022 19:24 WIB

Gejala Awal Parkinson Bisa Dilihat pada Kaki

Gejala awal parkinson disebut bisa muncul pada kaki pada usia di bawah 50 tahun.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Gejala awal parkinson disebut bisa muncul pada kaki.
Foto: moviespix
Gejala awal parkinson disebut bisa muncul pada kaki.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penyakit Parkinson (PD) adalah gangguan progresif yang menyebabkan kadar dopamin otak turun, memicu berbagai gejala motorik dan non-motorik. Meskipun Parkinson sering dimulai dengan tremor kecil, kadang-kadang dapat meningkat mempengaruhi otot-otot di seluruh tubuh, menyebabkan kekakuan, kelambatan gerakan, gerakan tak terkendali, dan masalah keseimbangan yang mengakibatkan gangguan mobilitas.

Di antara komplikasi motorik ini, para ahli memperingatkan dapat mempengaruhi jari kaki. Kondisi ini sering muncul pada gejala motorik pertama di antara mereka yang berusia di bawah 50 tahun.

Baca Juga

 

1. Jempol kaki menekuk ke atas tak terkendal bisa menjadi tanda Parkinson

Satu gejala Parkinson yang sedikit diketahui dapat muncul di jari kaki, dalam kondisi yang dikenal sebagai jari kaki striatal. Sebuah studi pada 2002 dalam jurnal Parkinsonism and Related Disorders menjelaskan jari kaki striatal didefinisikan sebagai respon plantar ekstensor jelas, tanpa mengipasi jari-jari kaki, dengan tidak adanya tanda-tanda lain yang menunjukkan disfungsi saluran kortiko-spinal.

Dengan kata lain, jempol kaki menjadi kaku dan menekuk ke atas ke arah tubuh, sedangkan empat jari lainnya pada kaki yang terkena tetap lurus atau melengkung ke bawah. Kira -kira 10 persen orang dengan Parkinson mengalami gejala ini, memperkirakan sebuah studi pada 2013 yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Indian Academy of Neurology.

Para ahli mengatakan kondisi ini bentuk distonia, yaitu gangguan gerakan di mana otot berkontraksi tanpa sadar. Yayasan Parkinson menjelaskan distonia adalah otot terpuntir terus menerus atau berulang, kejang atau kram yang dapat terjadi pada waktu yang berbeda dalam sehari. Jari-jari kaki yang tertekuk atau kaki yang kram dan nyeri adalah tanda-tanda distonia. Faktanya, organisasi itu mengatakan bahwa distonia kaki adalah jenis nyeri distonik yang paling umum di antara pasien Parkinson.

 

2. Ini lebih mungkin terjadi saat menggunakan kaki

Menurut Yayasan Parkinson, distonia lebih mungkin terjadi di bagian tubuh saat area tertentu sedang digunakan. Distonia sering terjadi ketika pengidap PD mencoba melakukan tindakan dengan bagian tubuh yang terkena. Misalnya, jika Anda menderita distonia kaki, Anda mungkin merasa baik-baik saja saat duduk, tetapi Anda mungkin mengembangkan jari kaki melengkung (kondisi serupa di mana jari-jari kaki melengkung di bawah) atau inversi kaki (memutar kaki atau pergelangan kaki) saat mencoba berjalan atau berdiri. Lebih jarang, fenomena yang sama dapat terjadi ketika kaki atau bagian tubuh yang terkena dalam keadaan istirahat.

"Beberapa distonia terjadi tidak terkait dengan suatu tindakan atau gerakan-seperti jari kaki melengkung sambil duduk," kata para ahli Yayasan Parkinson.

 

3. Ini dapat terjadi pada awal perkembangan penyakit

Yayasan Penyakit Parkinson Amerika menunjukkan distonia kaki umumnya dianggap sebagai gejala awal penyakit Parkinson. Distonia kaki mungkin muncul sebagai gejala motorik pertama yang dialami pasien PD. Jika distonia terjadi secara terpisah, diagnosis PD mungkin hanya menjadi jelas saat gejala lain muncul. Namun, Yayasan Parkinson menambahkan kondisi itu juga dapat muncul pada stadium pertengahan hingga lanjut dari Parkinson.

Hal ini dapat membuat diagnosis jari kaki striatal menjadi sulit. Ini terutama benar ketika gejala Parkinson yang lebih tradisional seperti tremor, bradikinesia, dan kekakuan belum muncul. Secara khusus, mereka mengatakan itu sering disalahartikan sebagai refleks Babinski, refleks normal di mana jempol kaki tertekuk ke atas dan jari-jari kaki lainnya mengembang ketika telapak kaki dirangsang.

 

4. Perawatan

Jika Anda melihat jari-jari kaki striatal setelah dirawat karena penyakit Parkinson dengan obat dopaminergik, dokter mungkin pertama-tama mencoba menyesuaikan dosis. Jika saat ini Anda tidak sedang dirawat karena Parkinson, mungkin masih ada beberapa pilihan pengobatan yang tersedia. Menurut sebuah studi pada 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Rehabilitation Medicine, injeksi botox efektif dan aman untuk mengobati FD (foot dystoni) seperti striatal toe dan tetap menjadi pengobatan pilihan untuk limb dystonia. Selain itu, relaksan otot dan terapi fisik dapat membantu mencegah kejang dan otot terpuntir di jari kaki.

Jika tidak ada perawatan lain yang berhasil, beberapa orang merasa lega dengan bantuan operasi stimulasi otak dalam. Ini telah terbukti mengurangi berbagai gejala motorik terkait Parkinson, tidak terbatas pada distonia. Bicaralah dengan dokter untuk mengetahui apakah pengobatan ini mungkin tepat untuk Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement