Ahad 06 Mar 2022 07:08 WIB

Penelitian Tunjukan Antibiotik Berpengaruh Kembangkan Risiko Kanker Usus Besar

Hubungan antibiotik dan kanker usus besar ditemukan pada usia di bawah 50 tahun.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Hubungan antibiotik dan kanker usus besar ditemukan pada usia di bawah 50 tahun.
Foto: freepik
Hubungan antibiotik dan kanker usus besar ditemukan pada usia di bawah 50 tahun.

REPUBLIKA.CO.IDJAKARTA -- Kanker kolorektal (colorectal cancer/CRC) merupakan keganasan ketiga terbanyak di dunia dan penyebab kematian kedua terbanyak di AS. Biasanya, kanker kolorektal berkembang pada orang tua. Namun, kejadian CRC pada orang yang lebih muda (berusia 50 tahun ke bawah) telah meningkat selama 25 tahun terakhir.

Para peneliti dari Inggris baru-baru ini melakukan studi kasus terkontrol berbasis populasi besar yang melibatkan data dari hampir 40 ribu orang. Mereka mengidentifikasi hubungan antara penggunaan antibiotik dan risiko mengembangkan kanker usus besar sebelum usia 50 tahun.

Baca Juga

Studi yang diterbitkan di British Journal of Cancer dipimpin oleh Dr Leslie Samuel, yang berbasis di University of Aberdeen. Menurut dia, telah ada peningkatan substansial dalam konsumsi antibiotik oleh anak-anak di seluruh dunia, dan kemungkinan ini merupakan faktor dalam peningkatan insiden kanker usus besar dan rektum pada orang muda

“Faktor lain yang juga kemungkinan terkait antara lain diet makanan olahan tinggi gula, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, dan diabetes,” kata Samuel seperti dilansir dari Medical News Today, Ahad (6/3/2022).

Antibiotik memang telah lama dikaitkan dengan gangguan keseimbangan mikrobioma usus, yang dapat menyebabkan kelebihan atau kekurangan produksi bahan kimia tertentu yang berperan penting dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Ketidakseimbangan ini bahkan dapat berkontribusi pada perkembangan beberapa jenis kanker.

Studi terbaru dari Inggris ini secara spesifik mengidentifikasi apakah penggunaan antibiotik dikaitkan dengan perkembangan CRC pada orang yang lebih muda. Para peneliti juga ingin memahami apakah risikonya bervariasi di antara berbagai jenis CRC atau antibiotik.

Menggunakan data rutin 1999-2011 dari seluruh Skotlandia, mereka menemukan 7.903 orang dengan diagnosis CRC dan mencocokkannya dengan 30.418 orang yang tidak memiliki diagnosis kanker. Para peneliti mencocokkan peserta berdasarkan lokasi, perkiraan tahun lahir, jenis kelamin, dan perkiraan tahun pendaftaran database.

Mereka menghapus dari analisis siapa saja yang menggunakan obat imunosupresif untuk menurunkan sistem kekebalan atau hidup dengan kondisi kesehatan yang membuat mereka rentan terhadap CRC. Para ilmuwan membagi data menjadi dua kelompok: onset dini dan onset lambat. 

Mereka yang berada di kelompok pertama menerima diagnosis sebelum mencapai usia 50 tahun, sedangkan mereka yang berada di kelompok onset lambat berusia 50 tahun atau lebih pada saat diagnosis. Ada 445 orang pada kelompok onset dini dan 7.458 orang pada kelompok onset lambat.

Sebagai bukti bahwa faktor risiko mungkin berbeda antara onset dini dan onset lambat, tim menganalisis kelompok-kelompok ini secara terpisah. Basis data termasuk resep antibiotik oral, yang diklasifikasikan oleh para peneliti berdasarkan kelas obat dan ada atau tidak adanya efek anti-anaerob. Mereka melakukan ini untuk memberikan wawasan tentang jenis bakteri yang mungkin terkait dengan CRC.

Obat anti-anaerob membunuh bakteri anaerob, mereka yang tidak membutuhkan oksigen untuk hidup. Bakteri ini membentuk sebagian besar mikrobioma usus manusia. 

Tim juga mengumpulkan informasi penting lainnya, antara lain kondisi kesehatan bawaan atau komorbiditas, penggunaan obat lain seperti aspirin dan obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), status merokok dan alkohol, serta jika data tersedia para ilmuwan melakukan analisis terpisah yang mencakup lokasi pasti dari tumor primer dan indeks massa tubuh (BMI).

Hasilnya, sekitar 55 persen dari mereka yang didiagnosis CRC di setiap kelompok adalah laki-laki, dan hampir 50 persen peserta telah menerima resep antibiotik. Lebih banyak orang yang mengembangkan CRC telah menggunakan antibiotik dibandingkan dengan mereka yang tidak mengembangkan CRC.

Secara keseluruhan, penggunaan antibiotik dikaitkan dengan risiko kanker kolorektal yang diperkirakan 49 persen lebih tinggi pada mereka yang belum berusia 50 tahun, dan risiko yang diperkirakan 9 persen lebih tinggi pada mereka yang berusia 50 tahun ke atas.

“Tidak heran menemukan hubungan antara antibiotik dan peningkatan risiko kanker usus besar pada orang yang lebih muda, tetapi memang besarnya risiko (hampir 50%) sangat mengejutkan,” kata Dr Samuel.

Penggunaan antibiotik tidak secara signifikan terkait dengan peningkatan risiko kanker usus besar di salah satu kelompok usia. Juga, risiko tampaknya tidak terkait dengan durasi penggunaan antibiotik.

Antibiotik anti-anaerob memiliki hubungan (meskipun tidak signifikan secara statistic) dengan peningkatan risiko kanker usus besar pada kedua kelompok usia. Antibiotik non-anti-anaerob memang memiliki perbedaan yang signifikan secara statistik dalam risiko CRC pada kelompok usia yang lebih muda tetapi tidak pada kelompok usia yang lebih tua.

Ketika para peneliti menyesuaikan data BMI, penggunaan obat, dan komorbiditas, hubungan antara risiko CRC dan antibiotik meningkat. Namun, penulis mencatat bahwa ukuran sampel dalam analisis ini tidak cukup besar untuk membuat klaim yang kuat.

Para peneliti menyatakan bahwa beberapa faktor kemungkinan mendorong peningkatan CRC onset dini, dan masih belum pasti apakah hubungan ini kausal. Faktor-faktor tersebut meliputi aspek diet, obesitas, stres, dan olahraga yang kurang.

Manajer informasi kesehatan di Cancer Research UK, Alice Davies, menilai bahwa hingga kini tidak ada cukup bukti untuk mengatakan apakah antibiotik benar-benar meningkatkan risiko seseorang meski ini memberi kita petunjuk baru. 

"Diperlukan penelitian lanjutan untuk memahami antibiotik mana yang dapat meningkatkan risiko, bagaimana hal ini terjadi, dan seberapa besar mereka meningkatkan risiko,” jelas Davies. 

Penulis studi juga mengungkap kemungkinan bahwa perubahan terkait antibiotik dalam mikrobioma mengganggu bakteri usus, yang biasanya merangsang sistem kekebalan tubuh. Gangguan ini dapat mendorong bakteri patogen, atau penyebab penyakit, untuk masuk. 

Rekolonisasi ini, para penulis menjelaskan, kemungkinan besar bersifat karsinogenik. Dengan kata lain, bukan antibiotik yang bersifat karsinogenik, tetapi perubahan flora usus yang terjadi setelah penggunaannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement