Ahad 27 Feb 2022 23:49 WIB

Teleskop James Webb Mulai Amati Bintang dengan 18 Segmen Cermin, Ini Penampakannya

Gambar akhir dihasilkan dari hasil 18 segmen cermin observatorium yang ditumpuk.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani / Red: Dwi Murdaningsih
Teleskop James Webb berhasil memotret bintang.
Foto: james webb
Teleskop James Webb berhasil memotret bintang.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Teleskop Luar Angkasa James Webb (JWST) semakin dekat untuk memulai operasi ilmiah. Sebanyak 18 segmen cermin teleskop itu hampir sejajar dengan sempurna.

Gambar komposit baru yang dibagikan oleh NASA pada Kamis (24/2/2022) menunjukkan teleskop sedang mengamati bintang yang jauh dengan banyak cerminnya. Gambar yang “ditumpuk” untuk menunjukkan bagaimana 18 segmen cermin observatorium hampir sejajar sempurna, semuanya menunjuk pada target yang sama.

Baca Juga

photo
Teleskop James Webb berhasil memotret bintang. Foto ini dihasilkan dari 18 segmen cermin yang nantinya akan ditumpuk menghasilkan satu foto beresolusi tinggi. - (james webb)

 

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis pada Jumat (25/2/2022), NASA mencatat bahwa tim JWST telah berhasil bekerja melalui fase kedua dan ketiga dari tujuh fase total. Artinya, proses penyelarasan cermin kira-kira setengah jalan.

Tujuannya adalah menumpuk refleksi cermin untuk menghasilkan satu gambar definisi tinggi yang luar biasa dari sebuah bintang, prospek yang menggiurkan yang telah ditunggu-tunggu oleh para ilmuwan selama beberapa dekade.

“Kami masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan, tetapi kami semakin senang dengan hasil yang kami lihat,” kata Lee Feinberg, manajer elemen teleskop optik JWST dalam pernyataannya, dilansir dari Futurism, Ahad (27/2/2022).

“Perencanaan dan pengujian selama bertahun-tahun membuahkan hasil, dan tim sangat bersemangat untuk melihat apa yang akan terjadi dalam beberapa pekan dan bulan ke depan,” ujarnya lagi.

Sejauh ini, foto-foto sebelumnya yang dipublikasikan oleh tim JWST telah menunjukkan bintang yang sama dipantulkan 18 kali oleh masing-masing cermin teleskop-efek kaleidoskop yang mempesona. Namun, foto ini bukanlah produk akhir. Sejak peluncurannya pada Hari Natal tahun lalu-menyusul penundaan yang lama dan menghabiskan miliaran dolar-kemajuan teleskop James Webb telah menyenangkan para ilmuwan dan pemula.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement