Jumat 11 Feb 2022 07:44 WIB

Jasa Marga Kebut Pembangunan Tol Tamanmekar-Sadang

Pengerjaan konstruksi Seksi 3 Tol Tamanmekar-Sadang ditargetkan selesai akhir 2022.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Proyek pembangunan jalan tol  (ilustrasi).
Foto: Antara
Proyek pembangunan jalan tol (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Japek Selatan (JJS) terus mengejar pembangunan Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang 27,85 kilometer. Direktur Utama JJS D Hari Pratama menjelaskan saat ini progres konstruksi yang berjalan untuk keseluruhan Jalan Tol Jakarta-Cikampek (Japek) II Selatan yang terdiri atas tiga seksi pekerjaan memang diprioritaskan pada Seksi 3 yang masuk ke dalam wilayah Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta.

"Progres konstruksi untuk Jalan Tol Jakarta-Cikampek II Selatan Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) sepanjang hingga akhir Januari 2022 telah mencapai 60,82 persen," kata Hari dalam pernyataan tertulisnya, Jumat (11/2/202). 

Baca Juga

Sementara itu, Hari mengtakan untuk progres pembebasan lahan tiga seksi pekerjaan secara keseluruhan saat ini mencapai 57,18 persen. Dia mengatakan untuk pembebasan lahan masing-masing seksi yaitu Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) telah mencapai 92,04 persen, Seksi 2 Setu-Tamanmekar sebesar 38,29 persen, dan Seksi 1 Jatiasih-Setu sebesar 3,29 persen. 

Hari menuturkan, dalam membangun Jalan Tol Japek II Selatan dari Sadang (Kabupaten Purwakarta) hingga Setu (Kabupaten Bekasi) yang terintegrasi dengan jaringan Jalan Tol Cipularang dan JORR 2 Jalan Tol Cimanggis-Cibitung, proses pembebasan lahan diprioritaskan pada lokasi Kabupaten Bekasi. Begitu juga dengan Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta (Seksi 2 dan Seksi 3).

Hari menargetkan penyelesaian konstruksi dari Seksi 3 (Tamanmekar-Sadang) pada akhir 2022. "Ini juga dengan rencana pengoperasian pada awal 2023," tytur Hari. 

Dia memastikan, JJS terus mendukung upaya percepatan pembebasan lahan yang dilaksanakan oleh Tim Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat. Selain itu juga terus berkoordinasi dengan kontraktor dan konsultan supervisi untuk pembangunan konstruksinya. 

Jalan Tol Japek II Selatan dengan total investasi senilai Rp14,69 triliun dan masa konsesi 35 tahun tersebut diharapkan dapat memangkas waktu tempuh perjalanan dari Jakarta menuju Cikampek dari sisi selatan jika telah beroperasi penuh. Jalan Tol Japek II Selatan tersebut nantinya akan memiliki tujuh buah Gerbang Tol (GT) yaitu GT Jati Asih, GT Bantar Gebang, GT Setu, GT Sukaragam, GT Taman Mekar, GT Kutanegara, dan GT Sadang. 

"Nantinya dengan terhubungnya jalan tol ini akan meningkatkan mobilitas sehingga dapat menurunkan biaya logistik distribusi barang dari wilayah-wilayah yang dilewati jalan tol tersebut," jelas Hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement