Rabu 15 Dec 2021 20:19 WIB

Piala AFF: Indonesia Bertahan Rapat, Tahan Imbang Vietnam pada Babak I

Indonesia bermain imbang 0-0 pada babak pertama Grup B Piala AFF 2020.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Israr Itah
Logo Piala AFF 2020
Foto: Twitter AFF Suzuki Cup 2020
Logo Piala AFF 2020

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Timnas Indonesia bertahan pada babak pertama menghadapi Vietnam pada laga lanjutan Grup B Piala AFF 2021 di Stadion Bishan, Singapura, Rabu (15/12). Berbagai ancaman dari Vietnam berhasil dihentikan oleh skuad Garuda yang membuat babak pertama berakhir 0-0. 

Vietnam langsung melancarkan serangan gencar ke lini pertahanan Indonesia. Lini belakang Indonesia diuji pada sepuluh menit pertama. Kemelut sempat terjadi di depan gawang Indonesia di menit kesembilan. Beruntung Pratama Arhan bisa membuang bola tersebut. 

Baca Juga

Pada menit ke-11 kombinasi serangan antara Irfan Jaya dan Arhan dari sisi kiri berhasil menciptakan peluang bagi Indonesia. Namun umpan Arhan ke tengah kotak penalti Vietnam masih terlalu tinggi dan hanya menghasilkan tendangan gawang. 

Vietnam mendominasi permainan pada 15 menit pertama pertandingan. Permainan lebih banyak terjadi di separuh lapangan Indonesia. Skuad Garuda beberapa kali mencoba mengandalkan serangan balik untuk menciptakan peluang, tapi para pemain Vietnam sigap memutus alur bola. 

Hingga menit ke-24 pertahanan Indonesia digempur oleh serangan Vietnam. Beruntung Asnawi bisa menyingkirkan bahaya saat umpan tarik mengarah ke area penalti. Selanjutnya, umpan dari tendangan sudut berhasil dihalau oleh Irfan. 

Vietnam mendapat hadiah tendangan sudut kedua di menit ke-33. Bagusnya, tendangan Nguyen Cong Phuong saat menerima umpan masih meleset dari gawang Indonesia. Tendangan penjuru Vietnam yang ketiga pada menit ke-38 juga bisa dihalau kiper Nadeo Argawinata. 

Indonesia terus menerima gempuran serangan dari Vietnam. Dua tendangan sudut beruntun dan kemelut yang terjadi di area pertahanan Indonesia masih dapat diamankan oleh Asnawi Mangkualam dkk. Indonesia akhirnya keluar dari tekanan pada tiga menit terakhir waktu normal hingga satu menit injury time.

Daftar Susunan Pemain Indonesia vs Vietnam 

Indonesia (5-4-1)

Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachrudin Aryanto, Alfeandra Dewangga, Rizky Ridho, Pratama Arhan; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Rachmat Irianto, Irfan Jaya; Ezra Walian 

Pelatih: Shin Tae-yong 

Vietnam (3-4-3)

Tran Nguyen Manh; Bui Tien Dung, Que Ngoc Hai, Nguyen Thanh Chung; Vu Van Thanh, Nguyen Tuan Anh, Nguyen Hoang Duc, Nguyen Phong Gong Duy; Nguyen Quang Hai, Nguyen Cong Phuong, Phan Van Duc

Pelatih: Park Hang-seo

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement